Peternak Sapi di Daerah Ini Dapat Hadiah Jika Ternaknya Beranak Kembar

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo. (Foto Antara/Victorianus Sat Pranyoto)

Editor: Arif Sodhiq - Rabu, 22 September 2021 | 12:00 WIB

Sariagri - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan memberikan hadiah kepada peternak yang sapinya beranak kembar atau dua ekor saat melahirkan. Upaya ini dilakukan untuk meningkatkan populasi ternak sapi di wilayah itu.

"Dalam upaya menambah populasi sapi, kami tidak hanya memberikan bantuan pakan konsentrat saja, Pemkab Sleman akan memberikan hadiah untuk sapi yang bisa melahirkan anak kembar atau dua anak sekaligus," ujar Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo.

Pemkab Sleman terus berupaya menggenjot populasi sapi, salah satunya dengan memberikan bantuan pakan konsentrat pada sapi yang tengah bunting. Bantuan pakan konsentrat diberikan kepada peternak sapi dengan kategori miskin. Selain memiliki KK miskin, pemberian bantuan pakan juga hanya menyasar pemilik yang sapinya tengah bunting.

"Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk memastikan sapi-sapi itu bisa lahir dengan kondisi baik dan menambah populasi secara keseluruhan," katanya.

Selain bantuan pakan konsentrat, Pemkab Sleman, akan memberikan hadiah untuk sapi yang bisa melahirkan anak kembar atau dua anak sekaligus.

"Kalau ada sapi yang lahir kembar atau dua, nanti akan kami beri hadiah. Bukan tentang jumlah hadiahnya, tapi untuk merangsang budi daya sapi yang produktif," katanya, Selasa (21/9/2021).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan (DP3) Kabupaten Sleman Suparmono menambahkan jika pemberian bantuan sudah dilaksanakan di Kecamatan Prambanan, Turi, Pakem dan sejumlah kecamatan lainnya.

"Sasarannya, sapi bunting yang berusia 3 samai 8 bulan dan pemiliknya masuk dalam KK miskin. Yang terakhir kami serahkan bantuan 10 ton konsentrat untuk 100 sapi (bunting) di Sleman," katanya.

Baca Juga: Peternak Sapi di Daerah Ini Dapat Hadiah Jika Ternaknya Beranak Kembar
Jutaan Sapi di Peternakan Indonesia Berdampak pada Pemanasan Global

Jumlah sapi bunting di Sleman per Agustus 2021 sebanyak 510 ekor. Sementara untuk populasi sapi potong pada Juni 2021 tercatat 34.777 ekor terdiri sapi betina 20.784 ekor dan sapi jantan 13.993 ekor.

"Kami akan pantau terus. Harapannya dengan program-program yang pro terhadap pertumbuhan populasi sapi ini bisa menunjukkan hasil yang positif," pungkasnya.

Video terkait: