Suroto yang Bentangkan Poster ke Presiden Jokowi, Dapat Kiriman 20 Ton Jagung

Suroso mendapatkan kiriman 20 ton jagung dari Presiden Jokowi. (Istimewa)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 21 September 2021 | 15:20 WIB

Sariagri - Seorang peternak ayam petelur di Blitar, Suroto yang sempat membentangkan poster ke arah Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu mendapatkan bantuan 20 ton jagung. Jagung tersebut diberikan oleh presiden secara khusus.

Meski mendapatkan kiriman 20 ton jagung dari Kepala Negara, Suroto mengaku tak akan mengambil seluruhnya. "Saya ambil secukupnya saja, mungkin lima sampai enam ton," tuturnya.

Lokasi gudang pakan Suroto terletak di Desa Suruhwadang, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar. Untuk 15 ton sisanya, akan dia bagikan ke peternak ayam lain di sekitarnya secara gratis.

Namun dia mengaku, hanya akan membagikan ke peternak kecil yang populasi ayamnya hampir habis akibat hantaman kondisi sulit ini.

"Sisanya akan saya bagi ke peternak di sekitar saya, barang satu dua karung. Istilah orang Jawa bagi-bagi berkatlah," paparnya.

Pembagian tersebut akan dikoordinasikan dengan kepala desa setempat. Suroto juga menceritakan, dirinya sempat terkejut ketika dihubungi oleh staf Presiden Jokowi soal pengiriman jagung ke gudang pakannya.

"Enggak menyangka. Saya tahunya tadi malam ditelepon Mas Agung (staf pribadi Jokowi) katanya mau mengantar jagung dua truk untuk saya," Suroto mengisahkan.

Suroto sempat menegaskan pada staf Jokowi, jika sudah ada bantuan jagung yang dijanjikan oleh presiden saat mereka bertemu di Istana Kepresidenan. Dalam pertemuan itu, Jokowi menjanjikan memberikan 30.000 ton jagung dengan harga Rp 4.500 bagi peternak ayam petelur di sejumlah daerah.

"Saya bilang,'Mas, saya itu sudah dapat kiriman jagung dari kementerian yang akan saya beli Rp 4.500 per kilogram," tuturnya.

Namun, staf Jokowi menegaskan, jika dua truk jagung itu adalah pemberian khusus Jokowi di luar bantuan 30.000 ton yang dijanjikan presiden untuk peternak ayam petelur.

Mendapatkan respons cepat, Suroto berterima kasih pada presiden atas 20 ton jagung yang dikirimkan kepadanya. Menurutnya, hal ini adalah wujud respons cepat presiden menangani persoalan peternak ayam petelur.

"Terima kasih perhatian dan apresiasi Bapak Presiden yang begitu cepat ya. Bapak Presiden langsung mengutus sekretaris kepresidenan, sekretaris pribadi untuk memastikan jagung untuk saya," pungkas dia.

Video Terkait



Baca Juga: Suroto yang Bentangkan Poster ke Presiden Jokowi, Dapat Kiriman 20 Ton Jagung
Peternak yang Bentangkan Poster ke Jokowi Diundang ke Istana, Begini Ceritanya