Terungkap, Ini Penyebab Kematian Ratusan Burung Pipit di Cirebon

Tangkapan layar video petugas kebersihan Balai Kota Cirebon yang menemukan ratusan burung pipit mati masal di Kota Cirebon, Jawa Barat, Selasa (14/9/2021). (ANTARA/Khaerul Izan)

Editor: Arif Sodhiq - Jumat, 17 September 2021 | 08:00 WIB

Sariagri - Penyebab kematian ratusan burung pipit secara masal di Balai Kota Cirebon, Jawa Barat mulai menemui titik terang. Kesimpulan sementara hasil uji laboratorium menunjukkan penyebab kematian ratusan burung pipit karena perubahan cuaca ekstrem.

"Kesimpulan sementara, penyebab kematian bukan karena penyakit, hasil PCR Avian Influenza dan pengujian PCR flu New Castle (ND) negatif," kata Kabid Pertanian dan Peternakan, Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Cirebon Iin Inayati.

Iin mengatakan dugaan sementara penyebab kematian ratusan burung pipit di halaman belakang Balai Kota Cirebon karena perubahan cuaca ekstrem.

"Kemungkinan dugaan sementara karena perubahan cuaca ekstrem," katanya.

Dia menjelaskan selain tes PCR dari hasil outopsi bangkai burung pipit itu tidak ditemukan kerusakan pada bagian organ dalam sehingga dipastikan bukan disebabkan infeksi virus.

Baca Juga: Terungkap, Ini Penyebab Kematian Ratusan Burung Pipit di Cirebon
Fakta Flu Burung Baru H10N3 yang Menginfeksi Seorang Pria di China

"Yang sudah keluar adalah uji PCR untuk AI dan ND, hasilnya negatif. Outopsi untuk melihat organ dalam juga, hasilnya tidak ditemukan perubahan, artinya organ dalam normal," katanya.

Namun, hasil pemeriksaan sampel burung pipit itu masih belum selesai karena masih harus diuji di laboratorium bakteriologi.

"Hasil lengkap belum keluar, karena ada proses uji lab bakteriologi," pungkasnya.

Video terkait: