Meski Sudah Jarang Terlihat, Ini Spesies Burung Terbanyak di Indonesia

Ilustrasi Burung Gereja (Sariagri/Pixabay)

Editor: Reza P - Sabtu, 4 September 2021 | 21:00 WIB

Sariagri - Dari sekian banyaknya jenis burung yang sudah Sobat Agri lihat, tahu tidak jika house sparrows atau yang lebih dikenal dengan sebutan burung gereja merupakan spesies burung yang paling terbanyak. Saat ini saja jumlahnya diperkirakan ada sekitar 1,6 miliar ekor.

Hal tersebut berdasarkan hasil dari pengamatan tim Universitas New South Wales yang ada di Sydney, Australia. Para ahli ini meneliti setidaknya 9.700 spesies burung yang memang masih dipastikan hidup. 

Data-data ini juga mereka ambil dari pemerhati burung di seluruh dunia secara daring di e-bird dalam satu dekade belakangan. Nah, dari data inilah kemudian dianalisis dengan berdasarkan golongan jenis yang sama sehingga hasilnya bisa diharapkan akurat.

Dalam penelitian ini, disebutkan bahwa kebanyakan burung hidup di belahan bumi utara seperti Eropa, Amerika Utara, Asia bagian Utara, hingga di kawasan Timur Tengah layaknya Semenanjung Arab atau Afrika Utara. Lalu fakta ini dirilis dalam jurnal berjudul Proceedings of the National Academy of Sciences.

Burung di Indonesia

Jika di Indonesia, menurut data terakhir dari Biodiversity Conservation Burung Indonesia pada 2021, setidaknya 1.812 jenis burung yang masih terjaga populasinya. Nah, sekitar seperempatnya alias 557 jenis burung ini berstatus dilindungi.

Baca Juga: Meski Sudah Jarang Terlihat, Ini Spesies Burung Terbanyak di Indonesia
Aneh! Ada Merpati Tidak Bisa Terbang dan Hanya Berguling-guling di Tanah

Sayangnya, kerusakan alam berkontribusi pada semakin berkurangnya jumlah burung-burung langka di Indonesia. Sebagai contoh, Burung Petrel Irlandia-Baru yang ada di sekitar Laut Halmahera semakin kritis. 

Hal ini karena lahan hutan yang semakin sempit serta rusaknya alam. Jenis burung lain yang mengalami hal serupa adalah Empuloh Janggut yang bisa ditemukan di Jawa dan Bali.

Video Terkait