Aneh! Ada Merpati Tidak Bisa Terbang dan Hanya Berguling-guling di Tanah

Ilustrasi Burung Merpati (Pixabay)

Editor: Reza P - Sabtu, 4 September 2021 | 17:00 WIB

Sariagri - Merpati merupakan salah satu unggas yang dapat terbang tinggi, tetapi tidak dengan jenis Parlor Roller. Pasalnya, merpati jenis ini berbeda dengan lainnya. Mereka tidak bisa terbang dan hanya berguling-guling di tanah. 

Jika dilihat dari ciri fisik, Merpati Parlor Roller tampak seperti burung merpati pada umumnya. Ia memiliki berat antara 7 dan 10 ons dan terdiri dari berbagai warna. Perbedaan yang paling menonjol dari merpati jenis ini adalah  ketidakmampuannya untuk terbang, dan kecenderungannya untuk terus-menerus melakukan backflip di tanah, terutama jika didorong.

Ilustrasi Parlor Roller (Loftone)
Ilustrasi Parlor Roller (Loftone)

Kendati demikian, parlor roller tetap memiliki sayap untuk terbang dan tidak lebih berat dari jenis merpati lainnya, jadi tidak ada alasan logis mengapa mereka tidak bisa terbang.

Baca Juga: Aneh! Ada Merpati Tidak Bisa Terbang dan Hanya Berguling-guling di Tanah
Hewan Cantik Ini Ternyata Adalah Burung Paling Berbahaya di Dunia

Tidak diketahui pasti penyebab burung merpati yang satu ini tidak bisa terbang. Tapi beberapa orang percaya bahwa mereka memiliki beberapa cacat di pusat keseimbangan otak yang menyebabkan mereka berguling-guling di tanah bukan terbang.

Melakukan backflip adalah keahlian merpati ini, bahkan mereka bisa berguling hingga beberapa ratus kaki. Rekor saat ini untuk gulingan terpanjang berada di ketinggian 200 meter.

Mengembang biakkan merpati ini masih menjadi kontroversi di kalangan pencinta hewan karena hal tersebut sangat kejam.

Namun merpati Parlor Roller sangat populer dikalangan para peternak hewan.

Video Terkait