Heboh! Anak Kambing Berkaki Lima, Kakinya Mirip Moncong Ular

Kambing Kaki Lima. (Sariagri/Arief L)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 2 September 2021 | 13:50 WIB

Sariagri - Masyarakat Kabupaten Situbondo Jawa Timur, dihebohkan dengan kelahiran seekor anak kambing berkaki lima. Menurut Pemiliknya, Ernawi (67 tahun) peternak asal Desa Panji Kidul, Kecamatan  Panji, Kabupaten Situbondo, dirinya tidak memiliki firasat apapun dengan kelahiran anak hewan ternaknya.

Saat kehamilan induk kambing hingga proses kelahirannya semua berjalan normal. Namun dari dua anak kambing yang dilahirkan, hanya satu yang memiliki fisik tidak normal.

“Kelahiran anak kambing pertama normal. Nah, pas anak kedua berjenis kelamin jantan ini lahir dalam kondisi tidak lazim, kakinya lima. Kasihan, “ ungkap pemilik kambing, Ernawi kepada Sariagri, Kamis (2/9/2021).

Bahkan kaki anak kambing berjumlah lima ini, salah satunya memiliki bentuk tapak sebanyak tiga, hingga menyerupai mulut ular.

“Umumnya tapak kaki kambing normal berjumlah hanya dua. Ini beda, jumlahnya kalau diamati dan dipegang jumlahnya tiga. Uniknya, kalau dibelah tapak kakinya mirip mulut ular, “ ujarnya sambil memperagakan membuka salah satu tapak kaki anak kambing.

Tapak kaki anak kambing berkaki lima menyerupai ular. (Sariagri/Arief L)
Tapak kaki anak kambing berkaki lima menyerupai ular. (Sariagri/Arief L)

Meski mengalami ketidaknormalan, hingga kini kondisi kambing milik Erwani ini masih sehat dan berumur panjang.

Hanya saja belum bisa berdiri seperti saudaranya yang berfisik normal. Anak kambing berkaki lima inipun tidak bisa menyusu pada induknya sehingga harus selalu dibantu dengan diberi susu formula melalui dot bayi.

Sementara itu, dokter hewan dari dinas peternakan Situbondo menyatakan fenomena ketidaksempurnaan ini kerap terjadi. Namun dari 1.000 kejadian biasanya hanya satu kasus kelainan. Hal ini dimungkinkan terjadi akibat faktor teratogenik yaitu kelainan genetik akibat faktor eksternal.

Baca Juga: Heboh! Anak Kambing Berkaki Lima, Kakinya Mirip Moncong Ular
Gempar! Anak Kambing Bermata Satu Lahir, Pemilik: Akan Saya Rawat Sepenuh Kasih seperti Anak Sendiri

“Fenomena anak kambing berkaki lebih dari empat, memang pernah terjadi bahkan ada yang berkaki enam sampai tujuh. Umumnya hal itu terjadi karena faktor teratogenik yakni kelainan genetika akibat ekternal seperti pakan terkontaminasi, minuman tercemar dansebainya, “ ungkap Kepala Dinas Peternakan Situbondo, drh. Emha Riwansia.

Emha menambahkan langkah antisipasi bagi peternak agar tidak terjadi kelainan teratogenik semacam ini perlu menjaga kualitas lingkungan ternak. Mulai dari pakan yang bermutu dan bernutrisi bagi indukan yang bunting hingga menjauhkan dari paparan racun ataupun polusi sekitar.

Video Terkait