5 Trik Mudah Melatih Anjing Peliharaan agar Pintar dan Penurut

Ilustrasi Anjing. (Pixabay)

Editor: Dera - Selasa, 31 Agustus 2021 | 20:40 WIB

Sariagri - Sebagai hewan peliharaan, sebagian anjing seringkali menunjukan kebiasaan dan prilaku yang mungkin terasa mengganggu. Mulai dari kegemaran menggali tanah di pekarangan, hingga kecenderungan perilaku sedikit agresif terhadap orang yang tak mereka kenal.

Beberapa prilaku anjing yang mengganggu ini sebenarnya dapat dihilangkan dengan pola pembelajaran dan pendekatan yang tepat. Berikut 5 sifat agresif anjing dan cara mengatasinya: 

1. Menggali tanah

Anjing sangat suka menggali. Dalam situasi ini, kamu harus melatih mereka untuk berhenti. Melansir Pets Webmd, saat anjing kedapatan sedang menggali, katakan "tidak". Kemudian alihkan perhatian mereka dengan mainan. Tidak ada gunanya memarahi mereka setelah mereka selesai menggali. Kuncinya, larangan ini harus dilakukan secara konsisten saat mereka menggali, bukan setelahnya.

Tips lainnya, kamu bisa mengubur beberapa mainan favorit mereka di area tertentu dan biarkan anjing menggali mainannya. Itu akan mengajarkan mereka bahwa mereka bisa menggali di tempat itu, bukan area lainnya.

2. Menggigit

Setiap anjing dapat menggigit jika mereka merasa terancam atau gugup. Oleh karena itu, penting untuk mengajak anjing bersosialisasi dengan orang-orang lain sedini mungkin. Ini akan membuat mereka bisa belajar santai di sekitar orang lain. Secara bertahap, ajak mereka ke tempat-tempat berbeda.

Luangkan banyak waktu dengan mereka sehingga mereka belajar untuk mempercayai orang. Selalu perhatikan tanda-tanda bahwa anjing tidak nyaman dan kemudian lakukan berbagai hal yang dapat membuatnya lebih baik. Saat mengajak mereka bermain atau jalan-jalan, berhati-hatilah di sekitar anak-anak dan makanan.

3. Meminta makanan

Ketika kamu sedang makan, anjing seringkali mengiba dan memohon untuk diberi apa yang kita makan. Cara paling jitu mencegah perilaku ini, yaitu jangan pernah berikan, apabila kamu konsisten, mereka akan belajar untuk tidak mengemis makanan. Saat kamu sedang makan, bawa anjing keluar atau ke ruangan khusus dan minta anjing untuk menunggu.

4. Sikap agresif

Anjing yang bermusuhan biasanya adalah anjing yang takut atau gugup. Bekerjalah dengan pelatih profesional untuk mempelajari cara mengajari anjing agresif dengan cara yang baik.

Jangan pernah meninggalkan anjing agresif sendirian dengan anak-anak atau orang dewasa yang tidak dikenal, bahkan jika kamu pikir mereka tidak akan menyakiti siapapun. Saat anjing menunjukan sikap agresif, kamu perlu melarang dan memarahinya di depan umum.

Baca Juga: 5 Trik Mudah Melatih Anjing Peliharaan agar Pintar dan Penurut
Ngeselin, Anjing Jahil yang Hobi Ngeledek Majikannya Ini Bikin Warganet Tak Berhenti Tertawa

5. Tidak datang saat dipanggil

Setiap anjing datang mendekat, selalu beri pujian pada mereka. Itu mengajarkan mereka bahwa datang kepada kamu adalah hal baik. Ucapkan "datang" atau "ke sini".

Jika mereka tidak datang, jangan mengejar mereka. Panggil sekali lagi, sambil berpindah, itu mungkin membuat mereka datang mengejar.Jika mereka masih tidak muncul, suruh mereka duduk dan beri mereka belaian atau pelukan.

Video Terkait