Lebah Asli Australia Ini Hasilkan Madu yang Baik untuk Penderita Diabetes

Tetragonula carbonaria. (phys.org)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 27 Agustus 2021 | 14:10 WIB

Sariagri - Australia memiliki spesies asli lebah tanpa sengat (Tetragonula carbonaria) yang mampu menghasilkan madu berkualitas, dengan kandungan gula trehalulosa yang tinggi. Masyarakat adat setempat telah lama memanfaatkan khasiat madu lebah tanpa sengat ini untuk kesehatan, termasuk bagi penderita diabetes.

Trehalulosa adalah gula langka yang tidak ditemukan di jenis madu yang lain atau komponen utama dalam makanan lain. Gula ini memiliki indeks glikemik (GI) rendah dan membutuhkan waktu lebih lama untuk diserap ke dalam aliran darah sehingga tidak menyebabkan lonjakan glukosa.

Kelebihan lainnya adalah, trehalulosa juga bersifat akariogenik, yang artinya tidak menyebabkan kerusakan gigi, demikian dikutip dari laman resmi University of Queensland, uq.edu.au.

Karena langka dan kualitasnya yang bagus, madu lebah tanpa sengat yang asli dijual dengan harga sekitar 200 dolar per kilogram, lebih mahal dibanding harga madu Manuka dan Royal Jelly.

Penelitian

Para ilmuwan dari Universitas Quensland telah mempelajari lebah tanpa sengat ini, dan menemukan bagaimana lebah tersebut memproduksi madu dengan kandungan trehalulosa yang tinggi.

"Kami menguji madu dari dua spesies lebah asli Australia, dua di Malaysia dan satu di Brasil, dan menemukan bahwa hingga 85 persen gula mereka adalah trehalulosa, bukan maltosa seperti yang diperkirakan sebelumnya,” kata Ahli kimia organik Universitas Queensland Dr. Mary Fletcher.

Sementara ahli kimia organik dan pemimpin penelitian Universitas Quensland, Dr. Natasha Hungerford menjelaskan, tim menemukan bahwa lebah tanpa sengat memproduksi madu gula trehalulosa di dalam ususnya, kemudian menyimpan madu tersebut di dalam pot kecil yang terbuat dari campuran lilin lebah dan resin pohon.


"Apa yang kami temukan adalah bahwa lebah tanpa sengat memiliki kapasitas unik untuk mengubah sukrosa menjadi trehalulosa dan menghasilkan madu yang kaya akan trehalulosa di usus mereka," kata Dr. Hungerford, seperti dikutip phys.org.

Sejauh ini belum diketahui bahan atau makanan apa yang digunakan lebah tanpa sengat untuk memproduksi trehalulosa. "Bisa jadi ada sesuatu dalam getah pohon yang dikumpulkan oleh lebah tak bersengat dan dibawa pulang ke sarangnya," imbuhnya.

Tapi para peneliti meyakini lebah madu tanpa sengat mekan dari tanaman asli seperti Grevillea dan Banksia yang memiliki nektar tinggi sukrosa, untuk menghasilkan madu yang kaya trehalulosa.

Tim Universitas Quensland sekarang akan bekerja untuk mengidentifikasi berbagai tanaman hortikultura yang memiliki nektar tinggi sukrosa.

"Kami ingin menyelidiki gula nektar yang ada dalam tanaman seperti macadamia, leci dan alpukat, dan apakah penyerbukan lebah tanpa sengat dari tanaman ini dapat menghasilkan tingkat trehalulosa yang tinggi dalam madu mereka," kata Dr. Hungerford.

Baca Juga: Lebah Asli Australia Ini Hasilkan Madu yang Baik untuk Penderita Diabetes
Mencari Akar Masalah dan Cara Menyelesaikan Konflik Kelapa Sawit



Penelitian ini penting untuk meningkatkan budidaya lebah madu tanpa sengat yang memiliki potensi nilai ekonomi yang tinggi.

Video Terkait