Tragis, Kakek yang Sedang Bertani Ini Digigit Kutu Hingga Tewas

Ilustrasi kutu jenis Ixodes . (pixabay)

Editor: Dera - Kamis, 26 Agustus 2021 | 13:50 WIB

Sariagri - Seorang kakek berusia 60-an yang tinggal di Yame, Jepang Barat Daya, meninggal karena infeksi yang ditularkan oleh kutu. Dilansir dari Mainichi, pria yang ada di Prefektur Fukuoka itu meninggal pada 21 Agustus lalu.

Pemerintah Kota Kurume di Prefektur Fukuoka pada 22 Agustus menjelaskan pada media bahwa pria itu meninggal karena demam parah dari sindrom trombositopenia (SFTS) yang ditularkan oleh kutu ixodid.

Pusat kesehatan masyarakat Kota Kurume menjelaskan kronologi yang terjadi. Pria tersebut dirawat di rumah sakit pada 16 Agustus karena gejala termasuk demam dan kelelahan. Dia pun didiagnosis SFTS tiga hari kemudian. Nahasnya, dia meninggal.

Pria tersebut memiliki bekas gigitan kutu di dekat pergelangan kaki kanannya. Kemungkinan, gigitan kutu tersebut terjadi saat dia sedang bertani.

Baca Juga: Tragis, Kakek yang Sedang Bertani Ini Digigit Kutu Hingga Tewas
Tragis! Gara-gara Kutu Busuk, Wanita Ini Alami Luka Bakar Parah

Kutu jenis Ixodes merupakan kutu dengan kemampuan menghisap darah sebagai makanan, baik darah manusia maupun darah hewan.

Pasca kejadian itu, pusat kesehatan masyarakat mendesak masyarakat untuk mengurangi paparan kulit di tempat-tempat seperti rerumputan. Hal tersebut karena kutu ixodes aktif antara musim semi dan musim gugur.


 

Video Terkait