Selain Cokelat, Ini 5 Makanan Manusia yang Tidak Boleh Dikonsumsi Kucing

Ilustrasi makanan kucing. (Foto: Pixabay)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Arif Sodhiq - Rabu, 25 Agustus 2021 | 09:00 WIB

Sariagri - Kucing biasanya akan mengeluarkan seperti mengeong saat melihat manusia tengah menyantap makanan. Tak jarang, kita akan memberinya makanan.

Namun, tahukah kamu Sobat Agri, sebenarnya ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh diberikan kepada kucing, karena bisa menyebabkan resiko keracunan hingga kematian.

Ini sederet makanan manusia yang tidak boleh dikonsumsi kucing.

1. Cokelat

Selain anjing, cokelat ternyata juga berbahya jika dikonsumsi oleh kucing karena kandungan zat beracun yakni methylxanthines.

"Menelan zat beracun ini bisa menyebabkan menyebabkan muntah, diare, peningkatan suhu tubuh, tremor, irama jantung abnormal, sakit perut. Semakin gelap cokelat, semakin tinggi konsentrasi methylxanthines yang ada," kata Dr. Michelle Burch selaku dokter hewan dari Safe Hounds Pet Insurance.

2. Daging Mentah dan Telur

Siapa sangka, Daging dan telur mentah juga rupanya dapat meningkatkan risiko penyakit bawaan makanan. "Jika kucing Anda memakan makanan ini, mereka berisiko lebih tinggi tertular salmonella atau E. coli, ujar Dr. Burch.

Dr. Burch mengungkpakan penyakit bawaan makanan ini juga dapat menyebar dari kucing ke diri sendiri atau anggota keluarga kita, apalagi jika sistem kekebalan tubuh kita kurang baik.

3. Anggur dan Kismis

Meski hingga kini dokter hewan belum yakin komponen apakah yang membuat anggur dan kismis beracun bagi kucing, Dr. Burch mengatakan bahwa penelitian terbaru menemukan bahwa asam tartarat mungkin penyebabnya.

Dr. Burch menjelaskan konsentrasi asam tartarat dalam anggur dapat bervariasi berdasarkan jenisnya, tergantung mereka tumbuh dan seberapa matangnya anggur.

Jumlah inilah yang membuat beberapa anggur sangat beracun sementara kucing lain yang memakan anggur tidak terpengaruh. Kendati demikian, jika kucing keracunan akibat menelannya, ia bisa gagal ginjal.

4. Kafein

Kandungan kafein yang diseduh, ampas kopi atau minuman berenergi menyebabkan muntah dan diare jika terkonsumsi oleh kucing. "Kucing kemungkinan besar menelan minuman ini dalam jumlah besar sebelum keracunan terjadi. Tetapi jika salah satu dari gejala ini terlihat pada kucing, sebaiknya pergi ke dokter hewan," ucapnya.

Baca Juga: Selain Cokelat, Ini 5 Makanan Manusia yang Tidak Boleh Dikonsumsi Kucing
Bisakah Makanan Anjing Dikonsumsi Kucing? Ini Penjelasannya

5. Bawang Putih dan Bombay

Kedua bawang ini dapat menyebabkan hemolytic anemia, yang membuatnya menjadi makanan beracun yang wajib dihindari. "Gejala keracunan bawang putih biasanya terlihat dalam waktu 24 jam setelah dikonsumsi, meski bisa tertunda hingga tujuh hari," tuturnya.

Maka dari itu, disarankan untuk menanam bawang merah dan bawang putih atau tanaman beracun lainnya di kebun atau tempat yang terjangkau oleh kucing kita.