Populasi Badak Jawa di Ujung Kulon Bertambah 2 Ekor, Kado Untuk HUT ke-76 RI

Badak Jawa di Ujung Kulon. (Sariagri/Yudi Asmaraloka)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 23 Agustus 2021 | 16:10 WIB

Sariagri - Kabar gembira datang dari Taman Nasional Ujung Kulon, Pandeglang, Banten. Populasi badak jawa di Bulan Agustus 2021 ini bertambah dua ekor.

Hal itu sekaligus kado untuk HUT ke-76 RI. Kepala Sub Bagian Tata Usaha Balai Taman Nasional Ujung Kulon, Dudi Mulyadi mengatakan kini total badak jawa yang berada di Ujung Kulon mencapai 75 ekor.

Tim Monitoring Badak Jawa telah melakukan pemantauan yang dipancarkan dari kamera jebak yang telah dipasang disana pada bulan April dan Juni 2021 yang lalu. 

"Jadi itu hasil identifikasi. Jadi tiap bulan itu chipnya di kamera trap itu diambil dan disetorkan terus kita identifikasi. Dan dalam identifikasi itu tertangkap adanya populasi baru, 2 ekor," katanya dalam siaran pers yang diterima Sariagri.

Baca Juga: Populasi Badak Jawa di Ujung Kulon Bertambah 2 Ekor, Kado Untuk HUT ke-76 RI
Kisah Heroik! Wanita Ini Keluarkan Ular Piton 3 Meter dari Rak Bumbu di Sebuah Supermarket

Ia melanjutkan, pada Maret 2021 populasi badak jawa di Taman Nasional Ujung Kulon juga terekam bertambah dua ekor. Sehingga hingga Agustus ini populasi badak jawa di Taman Nasional Ujung Kulon bertambah 4 ekor.

Dari penambahan populasi ini, tercatat dari 75 ekor badak jawa, 42 ekor diantaranya jantan, dan 33 ekor betina.

Pihaknya berharap agar populasi badak jawa bisa terus bertahan dan bahkan bertambah untuk bisa diwariskan ke generasi berikutnya. "Semoga peningkatan sarana prasarana di Taman Nasional Ujung Kulon juga selalu baik sehingga bisa optimal digunakan di lapangan," tutupnya.