Angon Bebek di Sawah Ternyata Bisa Bersihkan Hama hingga Kurangi Biaya Pakan

Ilustrasi bebek di persawahan. (Foto: Pixabay)

Editor: M Kautsar - Minggu, 22 Agustus 2021 | 12:00 WIB

Sariagri - Menggembalakan bebek di area persawahan sebelum ditanami padi menjadi budaya tersendiri bagi masyarakat di Asia. Tak hanya di Indonesia, kegiatan serupa kerap dilakukan peternak di Thailand.

Dilaporkan ABC News, kegiatan melepas bebek di area persawahan sebelum tanam dinamai ped lai thoong. Kegiatan semacam ini biasa digelar di Nakhon, Pathom, 1 jam sebelah barat Bangkok.

Cara ini bisa menghasilkan pembersihan hama diantaranya, siput ceri, apel, gulma, dan hama kecil lainnya. Selain itu, angon di area persawahan ini juga menghasilkan nutrisi bagi bebek.

“Manfaatnya (bagi peternak) mengurangi biaya pakan itik,” kata Apiwat Chalermklin, 34, peternak yang mengambil alih usaha dari ayahnya.

"Dan sebagai imbalannya, bagi petani padi, bebek membantu memakan hama dari sawah dan petani dapat mengurangi penggunaan bahan kimia dan pestisida."

Baca Juga: Angon Bebek di Sawah Ternyata Bisa Bersihkan Hama hingga Kurangi Biaya Pakan
Sempat Jadi Tawanan, Kisah Mantan Kameraman Pilih Jadi Peternak Bebek Peking Saat Pensiun

Apiwat mengatakan bebek membuat ladang lebih mudah dibajak. Bebek dapat membersihkan peternakan seluas 70 hektare dalam waktu sekitar seminggu.

"Mereka membantu memakan keong mas dan sisa-sisa sekam padi yang tersisa di ladang sejak panen terakhir," kata petani padi Prang Sipipat.

"Bebek juga menginjak tunggul padi untuk meratakan tanah dan itu memudahkan untuk membajak."

Video Terkait