Viral! Pria Sumbar Ini Tolong Harimau Sakit, Begini Keadaannya Kata BKSDA

Ilustrasi harimau (Pixabay)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 19 Agustus 2021 | 13:40 WIB

Sariagri - Sebuah video viral memperlihatkan seekor harimau tengah dikerumuni warga. Hewan itu bahkan sampai disentuh oleh seorang pria secara langsung, untungnya tidak menyerang.

Video yang tersebar diketahui pertama kali dibagikan oleh akun Facebook Joni Herman Ritonga. Terlihat secara jelas seekor harimau yang tengah berbaring di tanah. Menurut yang membagikan video, Harimau itu sakit dan kejadian terjadi di Padang, Sumatera Barat.

"Kejadian Hari Ini , Sabtu 14 Agustus 2021, Seekor Harimau Sumatera Minta Tolong Warga Karna Sakit, kejadian ini di Batang Sontang, Kenagarian Sontang cubadak, Kec.Padang Gelugur, Kab Pasaman, Sumatera Barat," tulis akun Joni Herman Ritonga.

Merespons kejadian itu, Kepala Balai KSDA Sumatera Barat, Ardi Andono membenarkan isi dari video tersebut. Ia mengatakan, pihaknya mendapat laporan dari masyarakat sekitar pukul 09.00 WIB pada Sabtu (14/8/2021) lalu.

Seorang pria selamatkan harimau. (Facebook)
Seorang pria selamatkan harimau. (Facebook)

BKSDA Sumatera Barat menerima laporan dari anggota DPRD Kabupaten Pasaman tentang adanya warga yang melihat harimau sakit dan tertidur di dekat bendungan Sontang.

"Kami mendapatkan kiriman video, bahwa kondisi harimau ini masih dalam keadaan hidup dengan keadaan yang lemas," kata Ardi.

Ardi menjelaskan petugas berkoordinasi dengan jajaran Polsek Panti dan Koramil Rao untuk membantu mengamankan harimau yang sakit. Setelah itu, pihaknya menuju lokasi dengan membawa kandang dan juga mempersiapkan dokter hewan.

Dokter hewan ini dari Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan Bukittinggi didatangkan untuk melakukan pertolongan pertama dan selanjutnya akan merawat lebih lanjut.

"Hasil analisa video tersebut, menurut dokter hewan, harimau tersebut diduga mengalami dehidrasi berat," katanya.

Keadaan Harimau Itu Tidak Tertolong

Ardi menyebut, setelah tim medis tiba di lokasi, Harimau kemudian dibawa menuju Puskeswan Dua Koto untuk mendapat perawatan medis. Kondisi badan satwa bernama latin panthera tigris sumatrae ketika itu tengah mengalami demam tinggi. Bahkan kotorannya berwarna hitam.

Baca Juga: Viral! Pria Sumbar Ini Tolong Harimau Sakit, Begini Keadaannya Kata BKSDA
Viral! Ular Berkepala 2 Lahap Tikus Secara Bersamaan

"Selanjutnya diberikan tindakan pemberian obat dan vitamin. Namun, pukul 11.00 WIB harimau tersebut dinyatakan mati," jelas Ardi.

Belum diketahui secara pasti penyebab kematian satwa yang dilindungi ini. Diduga kuat penyebabnya karena dehidrasi. Ardi menjelaskan, pihaknya tidak menemukan luka lebam maupun lainnya di tubuhnya.

"Tidak ada bekas luka dan tanda kekerasan," pungkas Ardi.

Video Terkait