Yuk Intip Bulu Bebek Termahal di Dunia, Harganya Capai Puluhan Juta

Ilustrasi bebek (pexels)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Arif Sodhiq - Rabu, 11 Agustus 2021 | 16:40 WIB

Sariagri - Setiap musim panas, sekitar 400 pemburu menjelajahi pulau kecil terpencil di Teluk Breizafjorzur Islandia. Mereka berburu untuk mencari 'harta karun' yang tidak biasa yakni bulu bebek kutub Eider.

Mengutip dari Oddity central, bulu bebek kutub Eider merupakan salah satu serat alami terhangat di bumi untuk waktu yang sangat lama. Bulu bebek ini biasanya digunakan untuk membuat selimut dengan kualitas terbaik.

Perlu diketahui satu kilogram Eider dijual seharga ribuan dolar, dimana bagian bulunya digunakan untuk produk mewah. Bebek Eider melepaskan bulu berharga tersebut dari dada mereka untuk melapisi sarang dan melindungi diri selama menetas. Nah, sarang-sarang inilah yang nantinya diincar oleh para pemburu Eiderdown tahunan.

Bulu bebek termahal di dunia (Facebook/Vigur Island)
Bulu bebek termahal di dunia (Facebook/Vigur Island)

"Ketika kami memiliki telur, kami hanya mengambil sebagian dari bawah, dan ketika Eider sudah keluar dari sarang, kami mengambil semuanya," kata Erla Fridriksdottir selaku salah satu eksportir utama negara itu.

Eiderdown tak hanya ringan dan sangat terisolasi, namun juga sangat langka dengan hasil global tahunan kurang dari empat ton, dimana tiga perempatnya berasal dari Islandia.

Untuk mengumpulkan satu kilogram bebek, para pemburu Eiderdown rata-rata harus menemukan sekitar 60 sarang bebek. Selain itu, setiap bebek juga harus melewati pemeriksaan kualitas yang ketat untuk melakukan pemotongan, yang juga berdampak pada harga.

Baca Juga: Yuk Intip Bulu Bebek Termahal di Dunia, Harganya Capai Puluhan Juta
Fakta Lengkap Seputar Bebek yang Jarang Diketahui

Menariknya, Eiderdown adalah salah satu dari sedikit bulu bebek yang diburu dan dipanen secara aktif, yang lainnya merupakan produk sampingan dari industri makanan.

Bulu bebek Eider merupakan para favorit pecinta alam dan hewan, namun hanya sedikit yang mampu membeli produk Eiderdown. Sebab selimut berisi 800 gram bulu berharga tersebut dijual lebih dari 5 ribu Dolar AS atau setara Rp72 juta.

Video Terkait