Tiru Lebah, Lalat Ternyata Juga Bisa Membantu Penyerbukan

Ilustrasi lalat. (Pixabay)

Editor: Dera - Selasa, 10 Agustus 2021 | 20:00 WIB

Sariagri - Lebah dan kupu-kupu mungkin merupakan penyerbuk yang paling terkenal, tetapi mereka bukan satu-satunya. Kelelawar, burung, kumbang, tawon dan lalat juga memainkan peran penting dalam proses penyerbukan.

Rae Olsson, peneliti pascadoktoral di Washington State University (WSU) telah mempelajari serangga penyerbuk sejak 2014. Tugasnya adalah mengumpulkan data tentang populasi lebah, sementara Olsson mencatat bahwa bunga-bunga yang ia amati menerima sejumlah pengunjung yang berbeda.

"Ketika saya berdiri dan menatap bunga, melihat serangga datang dan pergi, saya perhatikan bahwa banyak serangga yang berkunjung bukan hanya lebah,” kata Olsson, seperti dikutip modernfarmer.com.

Studi yang diterbitkan di Food Webs, menyoroti pentingnya penyerbuk serangga non-lebah di kebun dan ladang pertanian. Selama dua tahun, Olsson mengamati lebih dari 2.400 kunjungan penyerbuk ke bunga di 19 pertanian pedesaan dan 17 pertanian perkotaan serta kebun di Washington Barat.

Mereka menemukan bahwa sebagian besar kunjungan, sekitar 61 persen dilakukan oleh lebah. Tapi hampir 35 persen dilakukan oleh lalat, sebagian besar adalah lalat syrphid, lalat hitam-kuning yang meniru lebah yang biasa disebut hoverflies.

Olsson juga mencatat ada serangga lain seperti tawon, sayap renda, laba-laba, kupu-kupu, capung, kumbang dan semut mengunjungi bunga itu, meskipun jumlahnya hanya kurang dari empat persen dari semua kunjungan.

"Lebah jelas masih penting dan umumnya akan menjadi penyerbuk yang lebih efisien, karena lebah sengaja mengumpulkan serbuk sari untuk memberi makan keturunannya. Mereka juga memiliki rambut lebat yang bertindak sebagai Velcro tempat serbuk sari mudah menempel," kata Olsson.

Sementara lalat syrphid, tidak berbulu dan menyerbuki hampir secara tidak sengaja, memindahkan serbuk sari dari satu bunga ke bunga lainnya saat mereka makan dan mencari nektar. Karenanya ia menyarankan agar petani juga memperhatikan lalat syrphid yang juga bermanfaat karena mereka memakan hama yang tidak diinginkan seperti kutu daun.

Untuk beberapa tanaman yang diamati, termasuk kacang polong, kangkung dan bunga lili, lalat syrphid bahkan menjadi satu-satunya serangga yang datang dan melakukan penyerbukan.

Baca Juga: Tiru Lebah, Lalat Ternyata Juga Bisa Membantu Penyerbukan
Sempat Disepelekan Tetangga, Petani Milenial ini Sukses Berkat Budidaya Trigona

"Rekomendasi saya untuk siapa saja yang bertani adalah memastikan bahwa Anda memiliki bunga yang mekar sebanyak mungkin, dan idealnya lebih dari satu bunga,” kata Olsson.

"Karena dengan menyediakan makanan dan habitat, memastikan bahwa ada akses ke air dan beberapa jenis area yang tidak terganggu di pertanian akan menyediakan habitat, tempat bersarang dan sumber makanan bagi penyerbuk alternatif ini,” pungkasnya. 

Video Terkait