Gunakan Drone dan Pisang, Cina Giring Gajah Kembali ke Habitatnya

Ilustrasi gajah. (pixabay)

Editor: Dera - Kamis, 5 Agustus 2021 | 10:30 WIB

SariAgri - Pemerintah Cina menggunakan drone dan pisang sebagai umpan untuk menggiring sekawanan 14 gajah liar kembali ke habitat aslinya, seaman mungkin. Operasi yang sangat hati-hati ini juga melibatkan warga desa yang dilalui kawanan gajah.

Melansir interestingengineering.com, kawanan gajah itu pertama kali terlihat bergerak melalui desa-desa di Provinsi Yunnan, Tiongkok pada Maret tahun lalu.

Aksi mereka mendapat perhatian besar di media pemerintah setempat dan media sosial, karena gambar gajah-gajah itu berguling-guling di ladang, seolah menikmati kebersamaan satu sama lain sambil memakan tanaman di ladang.

Rumah asli gajah-gajah itu berada di dekat perbatasan Thailand, artinya mereka telah menempuh jarak yang sangat jauh sejak tahun lalu. Mereka sejauh ini telah melakukan perjalanan setidaknya 700 kilometer dan masih harus menempuh beberapa ratus lagi.

Sepanjang perjalanan, mereka memakan lahan pertanian yang kaya akan pisang, tebu dan buah naga. Drone secara aktif digunakan untuk melacak gajah-gajah yang mampu melakukan perjalanan sejauh 30 kilometer per hari.

Setiap kali gajah mendekati sebuah desa, tim pelacak melaju di depan dan membuat pengumuman melalui pengeras suara, serta melakukan pemeriksaan dari pintu ke pintu untuk memastikan penduduk setempat mengurung diri di lantai atas dan di luar jangkauan gajah. Aliran listrik juga diputus untuk mencegah gajah melukai diri sendiri atau memicu kebakaran, jika mereka merusak kabel listrik.

Baca Juga: Gunakan Drone dan Pisang, Cina Giring Gajah Kembali ke Habitatnya
Waspada! Jerman Kembali Temukan Dua Kasus Demam Babi Afrika

Para ilmuwan menduga, gajah-gajah ini keluar dari habitatnya akibat kelangkaan makanan terkait perubahan iklim atau fluktuasi medan elektromagnetik bumi yang menghilangkan indra navigasi gajah.

Ke-14 gajah itu diperkirakan akan mulai mempercepat perjalanan mereka dan mencapai 'rumah' pada musim gugur ketika suhu mulai mendingin.


 

Video Terkait