Seperti di Film, Apa Benar Rusa Bisa Ditunggangi Manusia?

Ilustrasi rusa (Pexels)

Penulis: Rashif Usman, Editor: M Kautsar - Jumat, 30 Juli 2021 | 17:30 WIB

SariAgri -  Bagi Sobat Agri yang menyukai film The Hobbit, pasti sudah tidak asing dengan scene Thranduil si Raja Elf menunggangi seekor rusa besar yang membuat sang raja terlihat gagah. Dengan melihat scene tersebut, lantas membuat sebagian orang bertanya-tanya apa benar manusia bisa menunggangi kuda di kehidupan nyata?

Ada berbagai jenis rusa yang dapat kita temui di dunia, seperti rusa raksasa (moose), rusa besar (elk) dan kijang (deer). Manusia telah ribuan tahun lalu mencoba untuk menjinakkannya. Namun, hanya beberapa jenis saja yang sukses dijinakkan dan ditunggangi, dikutip dari thebodytraining.

Baca Juga: Gemes, Video Persahabatan Kucing dengan Anak Rusa Ini Viral
Pria 60 Tahun Ini Ditangkap Polisi Karena Setubuhi Kambing

Kijang

Kijang sangat tidak dimungkinkan untuk ditunggangi karena dua alasan. Pertama, kijang memiliki tulang punggung yang ringkih, sehingga membuat mereka tidak bisa membawa beban di punggungnya. Alasan kedua, kijang merupakan hewan liar sejak masih kecil yang membuatnya sulit untuk dijinakkan seperti kuda.

Rusa Besar

Berbeda halnya dengan kijang, rusa besar masih memiliki peluang untuk ditunggangi meskipun kecil. Banyak orang yang sudah mencoba menungganginya selama bertahun-tahun namun hanya sedikit yang berhasil.

Rusa Raksasa

Baca Juga: Seperti di Film, Apa Benar Rusa Bisa Ditunggangi Manusia?
Gemes, Video Persahabatan Kucing dengan Anak Rusa Ini Viral



Orang-orang telah mencoba menunggangi rusa raksasa selama bertahun-tahun, tetapi hanya sedikit yang berhasil. Mereka dulu memiliki rusa raksasa sebagai aksi sirkus dan rodeo. Disisi lain, tentara Rusia mencoba menggunakan rusa raksasa untuk berjalan melewati medan perang yang tidak bisa dilewati kuda.

Namun, jika kamu masih berminat untuk menunggangi rusa, kamu bisa menjadikan negara Mongolia sebagai list destinasi liburan. Sebab di Mongolia terdapat suku yang menjinakan rusa kutub (reindeer) yang digunakan untuk transportasi dan para turis diizinkan untuk menungganginya.

Video Terkait