Hotel Khusus Hewan di Turki Kebanjiran Pelanggan Pasca Lockdown

Ilustrasi - Hewan peliharaan anjing.(Pixabay)

Editor: M Kautsar - Minggu, 25 Juli 2021 | 11:00 WIB

SariAgri - Mulai dilonggarkannya pembatasan di sebagian besar wilayah Turki mendatangkan rezeki tersendiri bagi hotel-hotel khusus hewan di negara tersebut. Sejak proses normalisasi digulirkan pada 1 Juli, hotel-hotel khusus hewan kebanjiran ‘tamu’, karena banyak warga menitipkan hewan  peliharaannya untuk berlibur.

Hotel-hotel khusus hewan mulai banyak menerima reservasi, baik untuk kucing maupun anjing.

Pemilik hotel hewan mengatakan tingkat keterisian nyaris penuh selama musim panas ini karena sudah dipesan. Hotel khusus hewan biasanya terletak di kota-kota besar, dan menjadi penyelamat bagi pemilik hewan peliharaan yang hendak pulang kampung atau berlibur. Mereka menitipkan hewan peliharaan mereka ke hotel karena tidak ada yang menjaga.

Tarkan Zvardar, pemilik hotel hewan di ibu kota Ankara dan pelatih anjing selama tiga dekade, mengatakan dengan tidak adanya jam malam dan pembatasan perjalanan antar kota, orang-orang sekarang berbondong-bondong bepergian untuk liburan.

“Kami terlalu sibuk saat ini. Kebanyakan orang meninggalkan hewan peliharaan mereka di sini sementara yang lain mencari pelatihan untuk anjing mereka,” ujar Zvardar, yang juga bekerja sebagai pelatih anjing, kepada Anadolu Agency (AA) Jumat kemarin.

Dia mengatakan banyak orang mengeluh karena tidak dapat menemukan tempat untuk hewan mereka. “Kami memiliki kapasitas tertentu dan hotel kami sudah penuh dipesan satu bulan sebelumnya. Itu normal karena semakin banyak orang pergi berlibur setelah normalisasi dan karena hari libur Qurban Bayram (Idul Adha) sembilan hari,” katanya, seperti dilansir Daily Sabah.

Ia juga memperingatkan pemilik hewan peliharaan untuk memeriksakan hewan mereka ke dokter hewan dan mendapatkan vaksin mereka sebelum dibawa ke hotel.

“Pemilik juga harus memeriksa sertifikasi hotel hewan dan melihat apakah hewan mereka dapat beradaptasi dengan lingkungan baru ini. Jika Anda memiliki hewan peliharaan, Anda harus mengintegrasikannya ke dalam rencana liburan Anda,” katanya.

Ia mengaku selama anjing dititipkan, mereka rutin mengirim video hewan peliharaan saat di hotel kepada pemiliknya.

Selain itu, Özvardar juga  mengatakan jumlah kucing dan anjing yang diadopsi selama pandemi melonjak drastis, karena orang-orang yang terkurung di rumah membutuhkan teman.