Catat! Bagian Daging Kambing yang Paling Disukai Rasulullah SAW, Ini Alasannya

Ilustrasi daging kambing (Pexels)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Reza P - Jumat, 23 Juli 2021 | 19:20 WIB

SariAgri - Perayaan Idul Adha memang identik dengan penyembelihan hewan kurban, baik berupa sapi, kambing maupun kerbau. Biasanya masyarakat mengolah berbagai hidangan daging tersebut mulai dari kaki sampai kepala.

Namun, tahukah Sobat Agri, jika bagian paha kambing adalah bagian yang disukai oleh Rasulullah SAW? Ya, bagian paha memang diyakini menjadi bagian paling disukai oleh Rasulullah SAW.

Hal ini diriwayatkan oleh sahabat Nabi Muhammad SAW, Abu Hurairah. "Kami pernah bersama Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dalam sebuah undangan. Kemudian dibawakanlah paha kambing dan beliau menyukainya. Kemudian beliau menggigitnya satu gigitan." (HR. Bukhari 3340 dan Muslim 501).

Dalam riwayat lainnya, seperti dari Al-Qadhi Iyadh RA menjelaskan bahwa Rasulullah SAW menyukai paha kambing karena diyakini mudah dimasak dan mudah dicerna.

"Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam menyukai paha kambing, karena mudah dimasak dan mudah dicerna, disamping lebih lezat dan lebih steril dari risiko penyakit." (Syarh Shahih Muslim, an-Nawawi, 3/65).

Baca Juga: Catat! Bagian Daging Kambing yang Paling Disukai Rasulullah SAW, Ini Alasannya
Ahli: Bau Prengus Kambing Tidak Bisa Hilang

Menilik dari segi kesehatan, bagian paha kambing memang memiliki nutrisi yang lebih sehat dibandingkan yang lainnya. Selain itu, paha kambing juga mengandung sedikit lemak dan tinggi protein.

Seperti diketahui, paha kambing mempunyai tekstur empuk, sehingga mudah diolah menjadi berbagai masakan. Adapun berbagai cara yang bisa dilakukan untuk memasak bagian ini, yaitu dipanggang atau dibuat menjadi gulai.

Video Terkait