Salut, Dokter Ini Sukses Operasi Katak Super Kecil Berukuran Ujung Jari

Katak berukuran seujung jari berhasil dioperasi. (goodnewsnetwork.org/Meaghan Barrow)

Editor: Dera - Kamis, 22 Juli 2021 | 08:00 WIB

SariAgri - Tindakan operasi terhadap hewan seperti anjing, kucing atau harimau mungkin sudah biasa dilakukan oleh para dokter hewan di banyak negara. Namun mengoperasi hewan kecil yang ukurannya hanya seujung jari, jelas merupakan suatu perkara yang tak mudah.

Itulah yang dialami seorang dokter di Australia, di mana ia berhasil melakukan tindakan bedah terhadap seekor katak pohon yang ukurannya tak lebih dari 2 centimeter.

Melansir Good News Network, peristiwa ini bermula saat dokter Meaghan Barrow di RSPCA Wacol, Brisbane menerima pasien tak biasa, yaitu seekor katak hijau kecil. Katak itu secara tak sengaja terbawa pada beberapa tanaman eukaliptus yang dimaksudkan untuk memberi makan koala di fasilitas rumah sakit hewan tersebut.

"Seorang rekan membawanya ke klinik untuk saya dan dia benar-benar khawatir, dia berkata bahwa katak tersebut tampaknya memiliki benjolan di sisi tubuhnya,” katanya kepada ABC News Australia.

“Saya melihat dari dekat dan dia benar-benar memiliki lubang kecil, itu hanya beberapa milimeter tetapi pada katak kecil yang panjangnya hanya dua sentimeter, itu adalah lubang yang cukup besar di dalam dadanya," jelasnya, tentang kondisi katak tersebut.

Beberapa organ dalam katak terlihat menyembul keluar dari lubang di tubuhnya. Dokter Meaghan pun memutuskan untuk menjahit lubang tersebut. Kecilnya ukuran katak membuat pekerjaan ini cukup sulit.

Agar katak tidak merasa kesakitan, ia bahkan harus diberi anestesi yang diencerkan menjadi seperseribu dosis untuk mengimbangi ukurannya yang kecil. Namun, sang dokter sempat mengalami kendala lantaran semua alat bedah  mulai dari jarum dan bahan jahitan harus berukuran sangat kecil.

Selain itu, dokter Barrow juga harus sangat hati-hati saat melakukan penjahitan, mengingat kulit katak tersebut sangat tipis. Amfibi seperti katak terkadang menarik oksigen melalui kulit mereka, sehingga sangat halus.

Dengan tangannya yang terampil, Dokter Barrow berhasil menerapkan jahitan tunggal yang dapat larut dan menyatakan operasi itu sukses. Keesokan harinya, katak itu terlihat dengan gembira melompat-lompat, bahkan memiliki warna hijau cerahnya kembali.

Baca Juga: Salut, Dokter Ini Sukses Operasi Katak Super Kecil Berukuran Ujung Jari
Percaya atau Tidak, Ilmuwan di Australia Bisa Berbicara dengan Katak



“Kamu belajar memperlakukan begitu banyak hewan yang berbeda sehingga harus beradaptasi dan mencoba keterampilan yang akan kamu terapkan pada anjing atau kucing, pada spesies apa pun,” ujar dokter Barrow, yang mengaku senang dapat membantu hewan super mungil tersebut.

Video Terkait