Amankah Anjing Diberi Makan Tomat? Ini Kata Ahli

Ilustrasi anjing. (pixabay)

Editor: Dera - Rabu, 21 Juli 2021 | 21:00 WIB

SariAgri - Tomat adalah buah yang banyak dikonsumi masyarakat di dunia. Bahkan banyak orang yang memelihara anjing memberikan tomat pada hewan kesayangan mereka.

Lalu, amankah tomat dikonsumsi oleh anjing? 

Sejumlah ahli berpendapat, sedikit tomat masih dapat dikonsumsi oleh anjing. Namun, pemberian tomat atau bahan makanan yang mengandung tomat pada anjing secara berlebih juga berbahaya.

Melansir The Spruce Pets, tomat adalah bagian dari keluarga sayuran terong-terongan. Tanaman ini, termasuk paprika, terong dan kentang, mengandung unsur-unsur yang berpotensi beracun pada beberapa bagian.

Itu berarti meskipun buah tomat memang mengandung beberapa manfaat kesehatan untuk anjing dan dapat diberikan sebagai makanan sesekali, bagian tanaman lainnya bisa menjadi racun.

Tomatine adalah zat beracun yang ditemukan pada tanaman tomat dan terkait dengan solanine, zat beracun yang ditemukan di buah terong-terongan lainnya. Bila dikonsumsi dalam jumlah banyak, bisa menjadi racun bagi hewan peliharaan.

Namun kabar baiknya, tomatine terkonsentrasi di bagian hijau tanaman, terutama bunga dan batang kecil. Karenanya, jumlah kecil tomatine yang ada dalam tomat matang dianggap masih aman untuk anjing. Tomat hijau memiliki lebih banyak tomatine, tetapi perbedaannya tidak terlalu besar.

Satu hal perlu dingat pemilik hewan peliharaan, bunga, daun dan batang tanaman tomat harus dihindari dari anjing, karena berbahaya bagi mereka. Ini tentu perlu diwaspadai, apabila ada tanaman tomat di pekarangan rumah.

Gejala keracunan tomat pada anjing yang paling umum adalah gangguan pencernaan, seperti diare atau muntah. Tetapi jika anjing memakan tanaman tomat dalam jumlah besar, mereka mungkin juga menunjukkan gejala, seperti depresi, kelemahan otot, hipersalivasi, pupil melebar, atau kelainan detak jantung. Jika gejala ini muncul, sebaiknya bawa anjing ke dokter hewan untuk diperiksa.

Baca Juga: Amankah Anjing Diberi Makan Tomat? Ini Kata Ahli
Amankah Anjing Mengonsumsi Tomat? Ini Penjelasan Ahli

Sama seperti pada manusia, tomat yang diberikan secara berlebih pada anjing dapat memperburuk masalah pencernaan, seperti refluks asam. Selain itu, tomat juga merupakan alergen yang umum pada manusia dan reaksi ini bisa terjadi pada anjing.

Penting untuk diingat nih Sobat Agri, jangan terlalu sering memberikan makanan yang mengandung olahan tomat, seperti pizza atau spageti dengan saus tomat. Makanan itu mungkin tidak terlalu sehat untuk anjing karena bisa jadi mengandung tambahan garam dan gula, serta rasa buatan atau bahan kimia lain.

Video Terkait