Beda dari Indonesia, Ini Hal Unik yang Ditemukan Saat Idul Adha di India

Seorang warga di India memegang kambing. (Foto: Channel YouTube Syahputra Kembaren)

Penulis: M Kautsar, Editor: Arif Sodhiq - Selasa, 20 Juli 2021 | 19:40 WIB

SariAgri - Seluruh umat muslim di dunia sedang merayakan hari raya Idul Adha dan tentunya ada perbedaan dalam merayakannya di setiap negara.

Seperti di India yang sebagian masyarakatnya beragama muslim, ternyata memiliki tradisi yang berbeda dengan yang dilakukan di Indonesia dalam hal berkurban.

Dikutip dari kanal YouTube Syahputra Kembaren seorang WNI yang menetap di Kota Aligarh, India mengungkapkan bahwa tidak seperti di Indonesia yang menggunakan hewan kurban berupa sapi, kambing, domba dan kerbau, ternyata di India hewan kurban yang digunakan yaitu kambing.

Di India, sapi tidak digunakan sebagai hewan kurban karena sebagai bentuk toleransi kepada mayoritas masyarakat India yang beragama hindu menjadikan sapi sebagai hewan suci yang dihormati.

“Nah ini kan ada sapi nih, sapinya ini bukan jadi hewan kurban ya, tapi sapi ini memang hidup liar bebas gitu aja, karena nggak boleh kita ganggu-ganggu sapi ini kan hewan suci di India, auto baku hantam kalau kita macam-macam sama sapi,” kata Syahputra.

Kambing jenis etawa paling banyak digunakan sebagai hewan kurban di India. Harga kambing di sana pun beragam mulai dari Rp2 juta hingga Rp5 juta per ekor.

Selain itu, perbedaan lain antara Idul Adha di India dan Indonesia yaitu hewan kurban di India diikat oleh pemiliknya di depan rumah masing-masing. Berbeda dengan di Indonesia yang sebagian besar hewan kurban masyarakat dikumpulkan di masjid untuk disembelih.

“Tapi kalau kurban di India itu ada kambing per rumah, Jadi mereka tuh nggak ada istilahnya kayak di Indonesia ya di masjid sholat Idul Adha setelah itu baru panitia masjid motong-motong hewan kurban itu nggak ada, jadi mereka itu setelah sholat akan sewa orang yang akan motong kambing mereka, jadi mereka sendiri yang bertanggung jawab atas hewan kurbannya di rumah mereka,” paparnya.

Namun, ada juga pemilik hewan kurban yang ingin memotong kambingnya dengan membawa ke rumah penyedia jasa pemotongan hewan.

Sama halnya di Indonesia, perayaan Idul Adha di Kota Aligarh India pun saat pandemi seperti saat ini tidak diadakan sholat Id berjamaah di masjid.

“Saat ini pun di India tidak ada sholat Id, khususnya di Aligarh ini tidak ada yang melaksanakan sholat Idul Adha di masjid katanya karena COVID-19,” tambahnya.

 

Video Terkait