Meski Menjijikan, Kecoak Ternyata Punya Peranan Penting untuk Bumi Loh

Ilustrasi kecoak. (pixabay)

Editor: Dera - Jumat, 16 Juli 2021 | 20:30 WIB

SariAgri - Bagi sebagian orang, kecoak merupakan hewan yang sangat menjijikan. Tak jarang, mereka yang tak menyukainya pasti akan langsung membasmi serangga ini. 

Namun tahukah Sobat Agri, kecoak ternyata bermanfaat bagi bumi loh. Seperti diketahui, populasi kecoak yang ada di seluruh dunia hanya sekitar 0,3 persen saja atau kurang lebih ada 4.500 jenis spesies kecoak.

Meski bikin alergi, menurut para ahli dari Indiana Public Media, ada peran penting dari kecoak untuk bumi. Dari kemampuannya yang bisa memakan apa saja itu sangat berguna.

Hewan yang memiliki nama ilmiah Periplaneta ini bisa memakan bangkai hewan, tanaman yang sudah mati, bahkan sampai kotoran hewan lain juga bisa mereka bersihkan.

Kecoak jangan dibasmi besar-besaran

Srini Kambhampati dari Universitas Texas, AS mengungkap sebuah fakta mencengangkan soal kecoak. Ia mengatakan, jika seluruh manusia membunuh 5 ribu - 10 ribu kecoak, maka bisa membuat tempat yang ditinggali kecoak menjadi lebih kotor.

Hal ini disebabkan oleh tidak ada lagi hewan yang bisa berperan sebagai pendaur ulang alamiah. Bahkan jika kecoak musnah, maka akan merusak rantai makanan dan keseimbangan gas di bumi.

Baca Juga: Meski Menjijikan, Kecoak Ternyata Punya Peranan Penting untuk Bumi Loh
Terungkap, Ini Alasan Wanita Haid Tak Boleh ke Pulau Komodo

Artinya, kecoak adalah sumber makanan bagi sejumlah hewan kecil layaknya tikus dan burung.

Pemusnahan kecoak masal juga akan membuat kadar nitrogen bumi menjadi rusak, lantaran kemampuan kecoak dalam memakan bahan-bahan organik yang kaya kandungan nitrogen.

Seiring berkembangnya zaman, kecoak juga mulai dijadikan objek penelitian sebagai makanan masa depan atau bahan-bahan pengobatan. Jadi, meski menjijikkan, hewan ini tenryata masih sangat dibutuhkan.

Video Terkait