Unik! Ini 5 Tim Sepak Bola Indonesia yang Pakai Julukan Nama Hewan

Suporter elang jawa, PSS Sleman (Youtube: Brigata Curva Sud)

Penulis: Rashif Usman, Editor: M Kautsar - Rabu, 14 Juli 2021 | 20:40 WIB

SariAgri -  Pemberian nama julukan memang sudah menjadi hal biasa ketika digunakan untuk menyebut nama orang. Julukan dianggap mempresentasikan karakter seseorang  dengan sifat yang tidak resmi. Biasanya julukan berasal dari bagaimana seseorang melihat atau dari sesuatu yang biasa mereka kerjakan.

Mengutip dari skripsi Julukan Klub Sepakbola di Indonesia yang ditulis Ilham Akbar di Universitas Pendidikan Indonesia, pemberian julukan tidak hanya berlaku untuk nama orang, tetapi juga dikneal dalam dunia sepak bola. Julukan muncul dari sebuah sejarah atau kejadian di sekitar daerah klup sepakbola, sehingga julukan tidak terlepas dari peran nilai sosial budaya masyarakatnya.

Maka dari itu, julukan berperan sebagai indentitas yang dapat dibanggakan masyarakatnya sehingga memicu timbulnya fanatisme suproter sepak bola.

Di Indonesia sendiri, hampir seluruh tim sepak bola memiliki nama julukan, salah satunya berasal dari nama-nama hewan. Pemberian julukan dari nama hewan tersebut pun diharapkan mampu membangkitkan mental dan semangat, baik dari pemain, staf pelatih dan suporter. Lantas, apa saja julukan klub sepak bola Indonesia yang berasal dari nama hewan?

Ini lima julukan tim sepak bola Indonesia yang pakai nama hewan, dikutip dari penelitian yang dibuat Ilham.

1. Macan Kemayoran, Persija Jakarta

Persija merupakan klub kesayangan asal Ibu kota yang memiliki julukan macan kemayoran. Julukan ini diambil dari kisah legenda setempat bernama Murtado yang jago silat bak macan. Kehebatan silatnya pun digunakan untuk melindungi masyarakat setempat dari perlakuan buruk Belanda.

2. Maung Bandung, Persib Bandung

Klub kebanggan warga Bandung ini tentu sudah tidak asing di telinga pecinta sepak bola Indonesia. Persib merupakan tim besar yang memiliki ikon maung sebagai simbol kebesaran tim.

Maung merupakan hewan mitologi yang berkembang di masyarakat Sunda. Konon, dalam kisahnya raja kerajaan Pajajaran yakni Prabu Siliwangi memiliki kesaktian merubah wujudnya menjadi harimau.

3. Singo Edan, Arema FC

Arema FC merupakan salah satu klub besar yang dimiliki Indonesia. Julukan dari klub yang berasal dari Malang ini adalah singo edan. Singo sendiri merupakan singa yang berasal dari simbol kota Malang. Sedangkan Edan diartikan sebagai gila atau tidak waras. Tentunya, dalam hal ini makna julukan singo edan diharapkan agar Arema bisa seganas singa ketika berlaga.


4. Bajul Ijo, Persebaya Surabaya

Bajul ijo merupakan julukan milik klub dari Persebaya Surabaya. Julukan ini memiliki arti buaya hijau. Seperti diketahui, Surabaya memang dikenal memiliki ikon kota berupa hewan buaya. Hal ini sesuai dengan nama Surabaya yang merupakan kata gabungan yakni suro yang berarti hiu dan boyo atau buaya.

Baca Juga: Unik! Ini 5 Tim Sepak Bola Indonesia yang Pakai Julukan Nama Hewan
Penemuan Bangkai Burung Bertanduk Berusia 46.000 Tahun di Siberia



5. Super Elang Jawa, PSS Sleman

Elang Jawa merupakan burung endemik yang dilindungi di Pulau Jawa. Hewan ini pun digunakan bagi PSS Sleman sebagai julukan yakni Super Elang Jawa. PSS Sleman menggunakan filososi bermain seperti elang jawa yang dikenal kuat dan tangguh dalam membobol pertahanan lawannya.

Video Terkait