Jarang Ada yang Tahu, Ini 5 Manfaat Lilin Lebah Untuk Kesehatan Kulit

Ilustrasi lilin lebah (Pixabay)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Arif Sodhiq - Selasa, 13 Juli 2021 | 07:00 WIB

SariAgri -  Lebah memang dikenal sebagai hewan penghasil madu. Biasanya madu dikonsumsi untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Tak hanya madu, ternyata lebah juga dapat menghasilkan beeswax atau lilin lebah yang memiliki manfaat kesehatan untuk kulit manusia. Berbeda seperti madu, lilin lebah tidak dikonsumsi dengan cara dimakan atau diminum, melainkan diaplikasikan pada kulit.

Berikut 5 manfaat lilin lebah untuk kesehatan kulit, seperti dikutip dari livestrong.

1. Melembapkan dan Mengencangkan kulit

lilin lebah bermanfaat dalam melembapkan kulit secara alami. Banyak orang menjadikan lilin lebah sebagai bahan umum untuk salep kulit dan lip balm. Zat yang terkandung dalam lilin lebah tersebut dapat mengunci kelembapan serta menjaga kulit tetap kencang.

2. Cocok Untuk Kulit Sensitif

Bagi orang yang memiliki kulit sensitif, lilin lebah bisa menjadi pilihan untuk dipertimbangkan. Maka dari itu, orang yang memiliki kulit sensitif dan rentan terhadap reaksi alergi bisa menggunakan lilin lebah.

Sebuah jurnal dari Drugs in Dermatology mengungkapkan  produk perawatan kulit alami, termasuk lilin lebah jauh lebih unggul untuk pengelolaan kulit sensitif daripada produk dengan bahan sintetis.

3. Melembutkan Kulit

Orang yang memiliki kulit kering dan kasar bisa melembutkan kulitnya dengan krim, losion atau sabun yang mengandung lilin lebah. Sebab, lilin lebah akan bertindak sebagai emolien dan humektan, lalu menarik kelembapan ke kulit dan menyegelnya.

Selain itu, kandungan vitamin A dalam lilin lebah juga dipercaya ampun untuk merehidrasi kulit kering.

Baca Juga: Begini Cara Kurban di Masa Pandemi Tetap Halal, Baik, Bergizi, dan Sehat
Memiliki Sifat Antibakteri, Ini Penjelasan Ahli Soal Khasiat Sarang Semut

4. Mengatasi JerawatBaca Juga: Jarang Ada yang Tahu, Ini 5 Manfaat Lilin Lebah Untuk Kesehatan Kulit
Begini Cara Kurban di Masa Pandemi Tetap Halal, Baik, Bergizi, dan Sehat



Kandungan antibakteri, antiperadangan, dan antioksidan yang ada pada lilin lebah dikenal sebagai bahan alami yang sangat baik bagi seseorang yang memiliki kulit berjerawat. Selain itu, kandungan emolien di dalamnya juga dapat membantu kulit menjadi lembut setelah penyembuhan jerawat.

5. Bantu Menenangkan Masalah Kulit

Sebuah studi tahun 2005 di Archives of Medical Research menemukan  campuran madu, lilin lebah, dan minyak zaitun dapat membantu menenangkan peradangan kulit yang umum, serta memperlambat pertumbuhan infeksi jamur dan bakteri. 

Video Terkait