Ibu-ibu Ngamuk Tanaman Bunganya Dirusak Ayam Tetangga Begini Menurut Hukum

Ibu-ibu Ngamuk Tanaman Bunganya Dirusak Ayam Tetangga. (Instagram)

Editor: Reza P - Sabtu, 26 Juni 2021 | 18:00 WIB

SariAgri - Belakangan ini ramai jadi perbincangan di media sosial melalui aplikasi Instagram, di mana sebuah video menunjukkan seorang ibu-ibu tampak emosi dan memarahi tentangganya. Kejadian tersebut dibagikan melalui akun instagram @memedsos.

Dalam unggahan video tersebut menampilkan seorang ibu dengan mengenakan daster, beradu mulut dengan seorang pria dengan bertelangjang dada di depan halaman rumahnya.

Diketahui, si ibu itu marah lantaran ayam tetangganya masuk ke dalam halaman rumahnya. Berdasarkan adegan dalam video itu menunjukkan bahwa si ibu tidak terima karena tanaman bunganya dirusak oleh ayam milik tetangganya.

“Gara-gara bunganya dirusak ayam, seorang ibu adu mulut dengan tetangganya yang merupakan pemilik ayam,” tulis keterangan dalam unggahan video tersebut, dikutip Sariagri, Sabtu (26/6).

Untuk diketahui, dalam RUU KUHP terdapat pasal yang menyebutkan bahwa terdapat sanksi yang diberikan kepada peternak apabila unggas peliharaannya masuk ke kebun atau pekarangan milik orang lain, dengan denda senilai Rp 10 juta.

Aturan tersebut tertuang pada Bagian Ketujuh Gangguan terhadap Tanah, Benih, Tanaman dan Pekarangan dalam Pasal 278 RUU KUHP.

“Setiap orang yang membiarkan unggas yang diternaknya berjalan di kebun atau tanah yang telah ditaburi benih atau tanaman milik orang lain dipidana dengan pidana denda paling banyak Kategori II (Rp 10 juta),” demikian bunyi pasal tersebut.

Selain itu, Pasal lain menyebutkan bahwa hewan ternak yang melanggar aturan menginjakkan kaki di tanah atau kebun yang terdapat tanaman atau telah ditaburi benih akan disita oleh negara. Hal itu tertuang dalam Pasal 279 ayat 1 dan 2.

Baca Juga: Ibu-ibu Ngamuk Tanaman Bunganya Dirusak Ayam Tetangga Begini Menurut Hukum
Viral Aksi Kanibal Sekumpulan Ayam Memakan Ayam

“Setiap orang yang membiarkan ternaknya berjalan di kebun, tanah perumputan, tanah yang ditaburi benih atau penanaman, atau tanah yang disiapkan untuk ditaburi benih atau ditanami dipidana dengan pidana denda paling banyak Kategori II,” bunyi pasal 279 ayat 1.

“Ternak sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat dirampas untuk negara.” Bunyi pasal 279 ayat 2.

Unggahan video tersebut mendapat berbagai respon dari warganet yang menyaksikan video tersebut.

“Apa susahnya buat kandang ayam sendiri. Begitulah jadinya kalau gak dibikin kandang ayam, jadi ribut sama tetangga,” tulis salah seorang warganet.

“Gedeg juga emang, ayam punya tetangga juga berak di halaman rumah gue,” tulis akun lainnya.

“Giliran dipotong nggak bagi-bagi tetangga, padahal tainya tiap hari bertebaran dimana-mana,” kata warganet.

Video Terkait