Sapsali, Ras Asli Anjing Korea Selatan yang Hampir Punah

Ilustrasi Anjing Sapsali. (Pixabay)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 17 Juni 2021 | 23:00 WIB

SariAgri -  Anjing memiliki beragam ras yang tersebar di seluruh dunia. Bahkan terdapat ras yang hampir mengalami kepunahan, yaitu ras Sapsali atau Sapsaree. Hewan berbulu ras sapsali merupakan jenis anjing yang ada di Korea Selatan dan identik dengan bulunya yang lebat.

Melansir dari Korea Herald, dulunya anjing asli Korsel itu berbintik dan berbulu pendek atau yang disebut badugi Sapsaree yang lahir secara alami sejak era kolonial Jepang. Namun, seluruh rasnya dibunuh dalam jumlah besar untuk diambil bulunya oleh militer Jepang.

Sapsaree berambut pendek memang jarang terjadi di antara ras anjing berbulu panjang. Rambut pendek yang terlahir secara alami hanya berkisar satu persen. Selain itu berbulu pendek dengan bintik lebih jarang lagi ditemui. Saat ini hanya 600 sapsaree yang ada di Korsel dengan 50 anjing berambut pendek.

Baca Juga: Sapsali, Ras Asli Anjing Korea Selatan yang Hampir Punah
Sering Dianggap Horor, Ternyata Ini Alasan Anjing Melolong di Malam Hari

Pada 2019 sejumlah ilmuwan melakukan penelitian dengan melakukan eksperimen genetik yaitu melakukan kloning anjing untuk menghasilkan salinan genetik yang identik dari suatu entitas biologi. Anjing kloning itu melahirkan tujuh anak dan dua diantaranya berambut pendek.

Anjing kloning memiliki gen yang direproduksi dari anjing jantan berbintik dan berambut pendek.

"Tujuh bayi anjing hasil kloning Sapsaree sekarang hampir berumur satu tahun dan mereka semua sehat dan mampu bereproduksi. Ini menandai keberhasilan restorasi jenis anjing (badugi Sapsaree berambut pendek) yang bisa saja menghilang dari tanah air," ujar Profesor Kim Min-kyu dari Universitas Nasional Chungnam.