Sambut Idul Kurban, Sentra Ternak Dompet Dhuafa Jateng Siapkan Ternak Berku

Tim Quality Control Dompet Dhuafa Provinsi Sumsel memantau kesehatan dan kelayakan hewan kurban di sebuah peternakan (SariAgri/Rio P)

Editor: M Kautsar - Minggu, 13 Juni 2021 | 12:00 WIB

SariAgri - Menjelang Hari Raya Idul Adha, Dompet Dhuafa Jawa Tengah sudah bersiap jauh-jauh hari untuk menyiapkan kebutuhan ternak kambing berkualitas di wilayah Kendal dan sekitarnya. 

Hal itu dibuktikan dengan beroperasinya Sentra Ternak Dompet Dhuafa Jawa Tengah di Desa Tamanharjo, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal. 

Sebuah konsep peternakan modern yang teraplikasikan dalam Sentra Ternak Dompet Dhuafa. Berdiri diatas lahan seluas 4.500 meter persegi, Sentra Ternak  dapat menampung sebanyak 1.200 ekor kambing bila sedang terisi penuh.

"Program Sentra Ternak Dompet Dhuafa (DD) atau DD Farm merupakan salah satu program yang dilaksanakan oleh Direktorat Dakwah, Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat melalui divisi Pengembangan Ekonomi, Lingkungan dan Budaya Tahun Anggaran 2020 dan 2021," ujar Tim Progam Dompet Dhuafa Jawa Tengah dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (12/6/2021).

Menurut Wahyu, bukan hanya sekedar membesarkan ternak, Sentra Ternak Dompet Dhuafa Jateng juga mendorong pemberdayaan warga sekitar. 

Hal tersebut lanjut Wahyu, terimplementasi dari direkrutnya warga sekitar Desa Tamanharjo, dan warga sekitar Kendal. 

"Pengelola kendang Sentra Ternak nantinya akan diberikan insentif dan juga ilmu peternakan modern. Hingga akhirnya ketika mereka selesai menimba ilmu di Sentra Ternak, bisa mengeplikasikan ilmunya di kampung halamanya," tambah Wahyu.

Lebih jauh Wahyu menyatakan, dalam menjalankan pengadaan hewan kurban serta improvisasi usaha sosial berbasis peternakan dengan mengutamakan kearifan lokal di desa. 

"Sehingga program ini mampu memberikan langkah nyata yang memiliki dampak sosial kemasyarakatan dan dampak finansial,” tambah Wahyu.

Salah satu contohnya adalah Miftahul Rahman (29), pemuda asal Kendal yang direkrut Sentra Ternak untuk merawat ratusan ternak disana. 

Walau baru dua minggu, Rahman mengaku sudah banyak mendapat banyak ilmu tentang peternakan yang modern. Rahman bertujuan untuk menimba ilmu tersebut, agar bisa di aplikasikan pada lingkungan sekitarnya

"Pengen setelah ini, bisa mendirikan peternakan juga yang bagus sperti ini (Sentra Ternak Dompet Dhuafa). Sehingga mudah mengajak tetangga untuk mengembangkan peternakan plasmanya menjadi peternakan yang lebih modern dan profit bagi mereka,” jelas Rahman.

Kehadiran Sentra Ternak di Kabupaten Kendal adalah Provinsi Jawa Tengah menjadi salah satu wilayah yang strategis dalam pembudidayaan kambing atau domba. 

Kebutuhan pasar selalu ada pada tren yang positif. Dompet Dhuafa melalui progam tebar Hewan Kurban (THK) tahun 2020 saja telah mneyalurkan total 42.000 lebih hewan kurban setara domba dan kambing. 

Provinsi Jawa Tengah menjadi salah satu yang menyumbang jumlah kurban kambing yang banyak.

"Wilayah Jawa Tengah tidak pernah kehabisan pasar untuk kambing ini. Karena tiap tahun Indonesia diberkahi dengan adanya Hari Raya Idhul Adha,” kata Manajer Sentra Ternak Dompet Dhuafa Jawa Tengah, Arif fajar Hidayat.

----

Video Terkait