Mudah Dilakukan! Begini 5 Cara Mengusir Kutu pada Kucing

Ilustrasi kucing Scottish. (pixabay)

Penulis: Rashif Usman, Editor: M Kautsar - Senin, 31 Mei 2021 | 12:10 WIB

SariAgri -  Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan favorit bagi sebagian orang. Tingkahnya yang lucu dan menggemaskan membuat tak sedikit orang yang memelihara kucing dalam jumlah banyak lho!

Namun, dalam memelihara kucing ada banyak hal yang harus diperhatikan, seperti makanan, kebersihan kandang dan tentunya kebersihan kucing itu sendiri.

Ada berbagai macam cara agar kebersihan kucing tetap terjaga. Hal ini dilakukan untuk menghindari kutu yang kotor dan bau. Nah, Sobat Agri ingin tahu bagaimana cara mengusir kutu pada kucing?

Begini lima cara mengusir kutu pada kucing, seperti dikutip dari berbagai sumber,

1. Penggunaan sampo khusus

Jika kucing kamu terserang kutu, ada baiknya memandikan kucingmu menggunakan sampo khusus antikutu. Hal ini dilakukan karena kandungan dalam sampo tersebut dapat membunuh kutu-kutu pada kucing.

2. Gunakan obat kutu

Untuk mengusir kutu pada kucing, kamu bisa membeli obat kutu di pet shop atau toko perlengkapan hewan. Biasanya obat kutu untuk kucing berbentuk tablet kunyah.

3. Gunakan sisir khusus
 
Penggunaan sampo khusus antikutu memang akan membantu untuk mengatasi kutu pada kucing. Namun bukan berarti kucing langsung bebas kutu ya! Ada baik setelah dimandikan jangan lupa untuk menyisirnya menggunakan sisir khusus kutu.



4. Pergi ke dokter hewan

Baca Juga: Mudah Dilakukan! Begini 5 Cara Mengusir Kutu pada Kucing
6 Fakta Unik Kucing Oranye yang Perlu Diketahui



Ketika kutu pada kucing sudah terbilang parah, ada baiknya untuk dibawa ke dokter hewan. Kemudian dokter akan memeriksa kondisi kucing dan memberikan obat yang tepat sesuai dengan kondisi kucing.
 
5. Membersihkan rumah

Kucing juga bisa terserang kutu dari lingkungan rumah. Maka dari itu ada baiknya kamu juga harus membersihkan seluruh rumah. Mulai dari seprai, sofa dan karpet seminggu sekali. Gunakan vakum cleaner untuk memastikan semuanya bersih setiap hari.

----

Video Terkait