Jangan Panik! Ini Pertolongan Pertama Jika Disengat Lebah

Ilustrasi Tawon (Pixabay)

Editor: Dera - Jumat, 21 Mei 2021 | 08:00 WIB

SariAgri - Jumlah kasus sengatan tawon atau lebah pada manusia terus meningkat dan terjadi di banyak negara. Bahkan setiap tahun, minimal 100 orang di dunia dilaporkan tewas akibat sengatan lebah.

Justin Schmidt, seorang Ahli Biologi di Southwestern Biological Institute mengatakan, sengatan lebah memang bisa berakibat fatal, terutama apabila menimbulkan reaksi alergi.

Dampak sengatan pun cukup membahayakan, selain nyeri luar biasa, gejala yang umumnya terjadi adalah berupa iritasi, bengkak dan gatal-gatal. Dalam kasus terparah, sengatan bahkan dapat mengakibatkan gagal ginjal hingga kematian.

Guna menghindari reaksi fatal tersebut, Schmidt membagikan tips khusus terkait pertolongan pertama bagi seseorang yang terkena sengatan hewan tersebut.

Hal pertama yang harus diingat yaitu jangan panik. Saat tersengat dan di sekitar lokasi ada sekerumunan lebah atau tawon, jauhi lokasi tersebut.

Kemudian jika yang menyengat adalah lebah, segera lepaskan sengatnya dengan menggesekkan kuku di atas sengatan untuk mengeluarkannya. Penelitian menunjukkan bahwa membiarkan sengat selama delapan detik dapat meningkatkan pembengkakan hingga 30 persen, jadi bertindaklah dengan cepat.

Jika mengalami pembengkakan yang tidak normal atau sesak napas, itu mungkin menandakan reaksi alergi akut. Dalam hal ini, prioritas pertama dan terpenting yang harus dilakukan adalah mencari pertolongan medis segera dan secepat mungkin.

Namun jika tidak ada gejala akut, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah fokus pada pemulihan. Pertama, cuci bekas luka dengan sabun dan air untuk menghindari infeksi. Jika gatal, gunakan steroid topikal atau antihistamin oral.

Baca Juga: Jangan Panik! Ini Pertolongan Pertama Jika Disengat Lebah
Tips Menghindari Sengatan Tawon atau Lebah yang Bisa Berujung Petaka

Setelah itu, kompres area yang terkena sengatan untuk mengurangi pembengkakan dan nyeri. Jika kamu tidak memiliki akses ke obat apa pun, Schmidt merekomendasikan membuat pasta dengan sedikit garam dan air (atau cairan lain) dan menaruhnya langsung di area yang tersengat.

"Kami tidak tahu mengapa, tetapi tampaknya berhasil," ungkap Schmidt.

Selain itu, hindari penggunaan air panas, amonia dan cuka ke luka sengatan karena bisa membuat rasa sakit lebih akut. Terakhir, jika Sobat Agri memiliki riwayat reaksi alergi yang parah, ingatlah untuk selalu membawa epinefrin suntik otomatis. Ini penting untuk berjaga, tidak peduli kamu berada di daerah perkotaan atau di tengah pedalaman.

Video Terkait