Dari Kandang Roboh, Peternak Sukses Ini Kini Beromzet Rp3 Miliar

Peternak sukses asal Wonogiri, Wiyoko (Youtube/DNtrust)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Reza P - Kamis, 20 Mei 2021 | 15:00 WIB

SariAgri - Menjalani bisnis peternakan memang masih dipandang sebelah mata bagi sebagian orang. Padahal, bisnis ini merupakan bisnis potensial, seperti ternak kambing dan domba.

Namun, dalam perjalanan membangun bisnis memang tidaklah mudah. Seperti halnya peternak asal Wonogiri, Jawa Tengah bernama Wiyoko dan Istrinya Siti Aprilia Ramadhani yang membagikan kisah dalam mengelola bisnis peternakan bernama Sekar Mendho Farm melalui Kanal Youtube DNTrust.

Bermula dari Bisnis Tanaman

Wiyoko menceritakan sebelum memulai bisnis peternakan, dirinya melakukan bisnis tanaman gelombang cinta (Anthurium). Tetapi bisnis tersebut tidak bertahan lama karena harga anthurium yang jatuh sehingga ia mengalami kerugian.

"Ketika jatuh (harga) anthurium itu, kita mencoba untuk ekspansi bisnis ke peternakan karena basic keturunan keluarga dari Bapak sendiri seorang pedagang kambing sehingga kita tertarik," ujar Wiyoko.

Mulai Bisnis Peternakan

Bisnis peternakan milik Wiyoko dimulai tahun 2007 dengan 20 ekor domba. Kemudian bertambah populasinya menjadi 50 ekor, 100 ekor dan seterusnya.

Satu tahun berjalan, Wiyoko hampir mendapatkan proyek besar untuk menambah hingga ratusan ekor ternaknya. Namun gara-gara kandang roboh, ia gagal mendapatkan proyek tersebut. Belum lagi ia harus pindah kandang hingga 4 kali karena diprotes warga akibat polusi.

Bukan masalah kandang saja, masih banyak ujian kegagalan seperti kematian ternak. Beberpa kali ia harus merelakan ternaknya yang mati karena kesalahan perawatan dan lainnya.

"Untuk temen-temen yang mau mulai Insya Allah lah tetap semangat, tetapi jangan takut dengan rintangan diawalnya ini pasti ada kematian, kegagalan," ucap Wiyoko.

Dalam pemberian pakan, awalnya Wiyoko merasa kesulitan karena hanya menggunakan pakan hijauan. Sehingga dirinya memutuskan untuk belajar ke peternakan lain bahkan sampai keluar kota.

"Kita gali apa sih yang dilakukan teman-teman peternakan besar, kita belajar terus. Misalnya oh ini ada pola pakan fermentasi, kita belajar disitu," kata Wiyoko.

Baca Juga: Dari Kandang Roboh, Peternak Sukses Ini Kini Beromzet Rp3 Miliar
Setop Jadi Dosen, Wanita Ini Sukses Jadi Peternak Sistem Kandang Terkoleksi

Potensi Bisnis Peternakan

Menurut Wiyoko, terdapat beberapa potensi dalam bisnis peternakan yang dapat meraup untung, seperti aqiqah, proyek dinas pemerintahan dan kurban.

"Ini yang terbesar adalah di kurban. Kesempatan temen-temen nih. Kurban ini yang membuat kita besar. Dan saya yakin teman-teman di domba dan kambing semuanya Insya Allah ya pasti qurban yang nanti akan mendongkrak omzet kita," tutur Wiyoko.

Bicara soal omzet, Wiyoko mengakui bisa meraup untung hingga Rp 3 Miliar dari penjualan kurban.

"Alhamdulillah ya minimal Rp3 Miliar lah per kurban omzet dapat kita Insya Allah," pungkasnya.

Video Terkait