6 Fakta Unik Kucing Oranye yang Perlu Diketahui

Ilustrasi kucing oranye (Foto:Pixabay)

Penulis: Rashif Usman, Editor: M Kautsar - Rabu, 19 Mei 2021 | 19:40 WIB

SariAgri -  Kucing oranye atau biasa disebut 'kocheng oren' memang kerap ramai menjadi pembahasan belakangan ini. Tingkahnya yang unik mulai dari mencuri makanan majikan, menakuti-nakuti hewan lain hingga wajah lucunya viral di media sosial.

Kucing oranye sendiri sebenarnya lama dikenal melalui tokoh kartun Garfield yang menggemaskan. Kucing ini di luar negeri dikenal sebagai orange tabby cat. Tabby itu sendiri merupakan pola bulu kucing yang dianggap sebagai salah satu pola bulu yang paling menakjubkan dari semua pola bulu kucing. Nah, Sobat Agri ingin tahu fakta menarik tentang kucing oranye?

Berikut 6 fakta unik kucing oranye yang perlu diketahui, seperti dikutip dari catster.

1. Kucing Oranye Adalah Tabbies

Kucing oranye berasal dari ras yang berbeda-beda. Namun, secara keseluruhan kucing ini bisa dikelompokkan sebagai kucing tabby. Hal ini merupakan pengelompokkan yang dilakukan beradasarkan motif dan pola mantel bulu si kucing.

2. Didominasi Jantan

Sebuah data menunjukan bahwa 80 persen kucing pranye berjenis  kelamin jantan dan sisanya adalah betina. Hal ini dikarenakan dengan DNA dari jenis kucing oranye. Kucing betina memiliki dua kromosom X dan pria memiliki kromosom XY. Gen yang berfungsi untuk memberi warna oranye adalah kromosom X.

Kucing betina membutuhkan dua kromosom X oranye dari induknya untuk mewariskan gen oranye, tetapi jantan hanya membutuhkan gen oranye dari ibunya.

3. Arti Huruf 'M' di Dahi

Salah satu tanda paling khas dari kucing oranye adalah tanda 'M' di dahi. Ini merupakan ciri khas dari kucing tabby. Keberaadaan Tanda 'M' tersebut berkaitan dengan pola genetiknya. Selain itu, corak garis tersebut juga membantu mereka berkamuflase di alam liar.



4. Sering Mendengkur

National Geographic melaporkan bahwa warna bulu kucing berkaitan dengan kepribadian kucing. Hal ini juga terjadi pada kucing oranye, dimana mereka senang mendengkur, bermain dan mengeong dengan suara yang khas.

5. Suka Mencari Perhatian

Setiap kucing adalah individu, namun kucing oranye memang dikenal sebagai hewan yang suka mencari perhatian. Bahkan, mereka rela melakukan apa saja agar mendapatkan perhatian dari pemiliknya.

6. Arti dari Warna Oranye

Baca Juga: 6 Fakta Unik Kucing Oranye yang Perlu Diketahui
Rezeki Melimpah Jasa Penitipan Kucing Dibandingkan Lebaran Tahun Lalu



Psikologi tentang warna bisa dibilang bermulai dari Goethe. Dirinya menegaskan bahwa merah kuning dikatikan dengan 'kehangatan dan kegemberiaan. Selain itu, ia juga mengungkapkan bahwa kuning merah memiliki energi tertinggi.

Sedangkan penemuan kontemporer mengungkapkan bahwa oranye adalah warna petualangan, komunikasi sosial dan merangsang nafsu makan. Hal ini dapat kita lihat dari korelasi dari arti warna dan bagaimana kepribadian dari kucing oranye ini.

Video Terkait