Heboh, Rumah Warga di AS 'Diserbu' Gerombolan Burung Kondor Langka

Burung kondor langka tiba-tiba penuhi rumah warga di AS. ([email protected])

Editor: Dera - Rabu, 12 Mei 2021 | 19:10 WIB

SariAgri - Sekawanan burung condor raksasa tiba-tiba hinggap di pekarangan rumah seorang warga di Kota Tehachapi, California, Amerika Serikat. Peristiwa itu pun sempat mengggerkan warga sekitar, lantaran membuat suasana menjadi gaduh. 

Bahkan, 15-20 burung tersebut membuat halaman rumah milik Cinda Mickols menjadi berantakan. Burung-burung itu telah menghancurkan geladak, merusak penutup spa, bendera dekoratif dan ornamen rumput. Tak hanya itu saja, gerombolan burung tersebut juga mengakibatkan tanaman roboh, pagar tergores dan kotoran di mana-mana.

"Dia benar-benar frustrasi, tetapi juga kagum akan hal ini dan tahu betapa luar biasanya pengalaman ini," kata Seana Quintero yang merupakan putri dari Cinda Mickols, seperti dilansir ABC.

Dinas Perikanan dan Margasatwa AS yang menjalankan program untuk menyelamatkan spesies dari kepunahan itu mengatakan, rumah tersebut berada di habitat condor bersejarah.

Agensi perumahan tersebut menyarankan Mickols untuk mengusir burung-burung itu namun dengan cara yang tidak membahayakan, seperti berteriak dan bertepuk tangan atau menyemprotkan air.

Baca Juga: Heboh, Rumah Warga di AS 'Diserbu' Gerombolan Burung Kondor Langka
Dibandingkan Manusia, Burung Ternyata Bisa Melihat Warna Lebih Baik

"Bukan hal yang aneh untuk melihat kumpulan besar burung condor di daerah tertentu yang sering digunakan, seperti daerah tempat insiden ini terjadi, terutama saat memberi makan. Sayangnya, mereka terkadang menganggap rumah dan dek sebagai lokasi bertengger yang cocok," kata Pam Bierce dari Fish and Wildlife. 

Seperti diketahui, burung kondor California hampir punah pada 1980-an sebelum beberapa burung yang tersisa ditangkap dan ditempatkan di kebun binatang untuk penangkaran. Beberapa ratus burung sekarang berada di alam liar.

Video Terkait