Olah Susu Jadi Es Krim, Pemuda Ini Ingin Sejahterakan Peternak Sapi Perah

Produk olahan susu berupa es krim. (SariAgri/Rizki N)

Editor: Arif Sodhiq - Rabu, 12 Mei 2021 | 12:20 WIB

SariAgri - Es krim dengan cita rasa manis sudah akrab dengan semua kalangan, terutama anak-anak. Tak heran jika usaha produk olahan pangan beku ini semakin menggiurkan dan berpotensi memberikan banyak cuan.

Namun potensi yang sangat besar ini belum banyak dilirik peternak sapi perah. Padahal dengan membuat produk olahan dari susu menjanjikan keuntungan lebih dibanding menjual produk susu ke industri.

Prihatin dengan kondisi itu, Andromeda Sindoro mahasiswa Fakultas Pertanian UGM Yogyakarta angkatan 2006 menawarkan pelatihan bagi peternak agar dapat mengelola dan membuat berbagai produk olahan susu secara mandiri. Namun tawaran itu dinilai kurang menarik bagi sejumlah peternak. Alasannya mereka tidak mampu lagi membagi waktu untuk membuat olahan susu sapi hasil ternaknya.

“Pada awalnya kita ingin memberikan pelatihan pengolahan produksi susu sapi dengan tujuan dapat meningkatkan kesejahteraan peternak, namun ternyata mereka menolak dengan alasan tidak dapat membagi waktu, dan meminta saya untuk membantu mengolah hasil produksi susu sapinya” ujarnya.

Andro bersama istrinya kemudian mencoba mengolah susu hasil peternak lokal menjadi produk es krim pada tahun 2008. Usaha olahan susu rintisannya mendapat respon positif dari pasar dan semakin berkembang hingga akhirnya mendapatkan kesempatan bergabung menjadi salah satu mitra Bank Indonesia regional Jawa Tengah. Dia juga dipercaya untuk memberikan pelatihan pemberdayaan pengolahan susu bagi peternak sapi lokal.

Seiring berjalannya waktu, usaha olahan susu Andro semakin dikenal dan memiliki akses ke tingkat nasional.

“Produk olahan susu berupa es krim yang akhirnya murni kita produksi dari hasil peternak sapi lokal langsung mendapatkan respon pasar yang baik, hingga akhirnya kita dipercaya menjadi salah satu mitra Bank Indonesia, dari situ kita akhirnya mendapatkan akses usaha ditingkatan nasional,” ungkapnya.

Dikatakan Andro, di awal pandemi COVID-19, penjualan es krimnya sempat anjlok karena sepinya permintaan produk dari restoran, hotel dan usaha catering. Andro kemudian berinovasi dengan menciptakan produk olahan susu berupa yogurt.

Baca Juga: Olah Susu Jadi Es Krim, Pemuda Ini Ingin Sejahterakan Peternak Sapi Perah
UGM Berdayakan Istri Peternak untuk Pasteurisasi dan Pemasaran Susu

Saat ini produk olahan susu yang dijual Andro di antaranya susu pasteurisasi, keju mozzarella, gelato, yogurt, es krim bubuk serta bahan susu krim gula telur yang sebagian untuk memenuhi kebutuhan sejumlah hotel restoran dan usaha catering di berbagai daerah.

Andro berharap dengan bahan baku susu yang diambil dari peternak lokal akan meningkatkan produk olahan pangan dalam negeri. Selain itu, dia juga berharap kesejahteraan peternak sapi lokal ikut meningkat.