Jangan Dibenci! Ternyata Ini Manfaat Tawon Bagi Kehidupan Kita

Ilustrasi Tawon (Pixabay)

Editor: Reza P - Sabtu, 15 Mei 2021 | 18:00 WIB

SariAgri - Tawon selama ini adalah salah satu binatang yang paling dibenci karena pada umumnya dikenal agresif dan sengatannya amat menyakitkan. Banyak orang juga menganggap tawon ini tidak berguna, beda halnya dengan lebah yang dianggap serangga yang banyak kegunaanya.

Namun menurut sebuah studi baru yang dipublikasikan di Biological Reviews, yang dipimpin oleh Prof Seirian Sumner dari University College London, ternyata tawon merupakan serangga yang cukup berguna bagi umat manusia.

"Jelas kita memiliki hubungan emosional yang sangat berbeda dengan tawon daripada lebah - kita telah hidup harmonis dengan lebah untuk waktu yang sangat lama, menjinakkan beberapa spesies, tetapi interaksi manusia dengan tawon seringkali tidak menyenangkan karena merusak piknik dan membuat sarang di rumah kita," Kata Prof Sumner seperti dikutip interestingengineering

Meskipun demikian, dia mengimbau agar kita tidak terlalu membenci tawon, tapi sebaliknya perlu secara aktif memperbaiki citra negatif tawon untuk melindungi manfaat ekologis yang mereka bawa ke planet kita. Tawon saat ini juga menghadapi penurunan populasi serupa dengan lebah, dan itu adalah sesuatu yang merugikan bagi kehidupan di bumi.

Berhenti membenci tawon

Sumner menjelaskan bahwa Tawon memiliki banyak manfaat yang berharga. Mereka dapat digunakan untuk mengendalikan hama, penyerbukan tanaman, racunnya dapat digunakan dalam penelitian medis (mis. Pengobatan kanker) dan bahkan secara teknis dapat dimakan sebagai pengganti daging.

Menurut Prof Sumner, tawon mengunjungi setidaknya 960 spesies tumbuhan. 164 spesies diantaranya termasuk anggrek, yang sangat bergantung pada mereka untuk penyerbukan. 

Selain itu, ternyata kebanyakan tawon tidak menyengat. Kebanyakan tawon sebenarnya adalah varietas soliter, tidak menyengat. Dan semuanya jauh lebih baik bagi manusia dengan mengendalikan populasi serangga hama daripada membahayakan. Hal ini memang berbeda dengan pengetahuan umum tentang tawon pada umumnya.

Jadi, dari mana tawon mendapatkan reputasi buruk seperti itu? Menurut Prof Sumner, mungkin hal ini disebabkan karena bentuk tubuh mereka yang membuat kita takut akan sengatan potensial. Bisa juga karena banyaknya manfaat tawon yang belum diketahui. 

Baca Juga: Jangan Dibenci! Ternyata Ini Manfaat Tawon Bagi Kehidupan Kita
Tips Menghindari Sengatan Tawon atau Lebah yang Bisa Berujung Petaka

Pada Mei 2019, Prof Sumner juga pernah melakukan penelitian tentang tawon dan hasilnya menunjukkan bahwa tawon mampu bernalar dan logika. 

Jadi jangan dibenci, kita justru harus mulai memahami pentingnya tawon dalam ekosistem kita sehingga tidak membiarkan populasinya semakin menyusut.

Video Terkait