Mengenal Rumput Zanzibar, Manfaat dan Kandungannya untuk Pakan Ternak

Ilustrasi rumput zanzibar (Youtube/ 78 Farm Yogyakarta)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Arif Sodhiq - Senin, 3 Mei 2021 | 13:10 WIB

SariAgri -  Hewan ruminansia seperti sapi, kambing, domba dan kerbau memang sudah ditakdirkan memakan pakan hijauan seperti rumput. Mereka mengonsumsi rumput agar bisa bertahan hidup dan berkembang biak.

Untuk membedakan pertumbuhan hewan ruminansia adalah jenis rumput yang dikonsumsi sebagai pakan hijauan. Salah satu jenis rumput yang dapat dijadikan pakan hijauan adalah rumput zanzibar, seperti dikutip dari kanal Youtube Sapibagus TV.

Perlu diketahui, rumput zanzibar berasal dari suatu wilayah di Timur Afrika. Jenis rumput ini masih memiliki kekerabatan dengan jenis rumput pakchong. Maka dari itu, keduanya merupakan pakan hijauan ternak yang unggul dan mengandung protein tinggi.

Dilihat dari bentuknya, rumput zanzibar memiliki sedikit bulu dengan batang yang cenderung berwarna putih. Selain itu, rumput ini juga memiliki bentuk tunas yang mekar sampai ke batang. Daunnya bertekstur lembut dan lunak. Sehingga memiliki palatabilitas tinggi yang baik untuk pakan ternak.

Pertumbuhan jenis rumput zanzibar akan lebih cepat saat musim penghujan. Sehingga banyak para peternak yang membudidayakan rumput ini untuk dijadikan pakan hewan ternak dan menyediakan stok saat musim kemarau.



Jika dirawat dan dipelihara dengan baik, rumput zanzibar dapat dipanen saat usia 3 bulan. Sedangkan tanpa perawatan, rumput ini dapat dipanen saat usia 6 bulan. Ini menunjukan bahwa rumput zanzibar sangat adpatif meski tanpa perawatan.

Baca Juga: Mengenal Rumput Zanzibar, Manfaat dan Kandungannya untuk Pakan Ternak
Lebih Bergizi, Begini 6 Cara Fermentasi Jerami Pakan Hijauan



Adapun kandungan nutrisi rumput zanzibar yang baik untuk hewan ternak terutama sapi. Kandungan rumput zanzibar antara lain, bahan kering 12,93 persen, protein 19,43 persen, karbohidrat 9,09 persen, dan serat kasar 31,33 persen.

Semua nutrisi yang terkandung dalam rumput zanzibar sangat baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sapi. Untuk pengaplikasiannya, Sobat Agri cukup campurkan rumput zanzibar dengan jenis hijauan yang lain sebelum diberikan ke sapi.

Video Terkait