Catat! Ini 9 Makanan yang Harus Dihindari dari Anjing Peliharaanmu

Ilustrasi anjing. (pixabay)

Editor: Dera - Jumat, 30 April 2021 | 13:40 WIB

SariAgri -Anjing dikenal sebagai sahabat manusia dan banyak dipilih menjadi hewan peliharaan oleh para pecinta hewan. Selain prilaku yang lucu, anjing terkenal karena kesetiaannya pada tuannya.

Namun, memelihara anjing pun butuh disiplin dan tanggung jawab, termasuk dalam hal pemberian makanan. Ini penting, sebab tak semua makanan baik untuk kesehatan anjing.

Menurut sejumlah ahli, bahkan beberapa jenis makanan dapat membahayakan kesehatan anjing. Misalnya saja, anggur atau kismis yang justru berbahaya karena dapat menyebabkan keracunan pada anjing kesayangan.

Nah, untuk menjaga kesehatan anjing peliharaan, ada beberapa jenis makanan yang menurut para ahli sebaiknya dihindari. Apa saja itu? Berikut daftarnya yang kami rangkum dari DailySabah.com.

1. Kopi

Methylxanthine, zat yang ditemukan dalam kafein adalah penyebabnya. Ini mempengaruhi sistem saraf anjing dan dapat menyebabkan kematian dalam beberapa kasus. Kejang, gemetar, gelisah, hipertermia, diare, muntah, atau aritmia jantung. Semua ini bisa mengarah pada keracunan.

2. Cokelat

Tahukah, Sobat Agri? Theobromine, alkaloid pahit pada tanaman kakao, beracun bagi anjing. Untuk anak anjing dan ras anjing kecil, bahkan dalam jumlah kecil dapat mengancam nyawa.

3. Kacang mentah

Phytohemagglutinin adalah racun yang ditemukan dalam kacang mentah yang bila dikonsumsi menyebabkan sel darah merah anjing menggumpal. Akibatnya hati bengkak, demam dan kram perut. Namun saat dimasak, kacang tidak berbahaya bagi anjing.

4. Bawang

Bawang mengandung asam sulfat yang dapat menghancurkan sel darah merah anjing. Keracunan bawang pada anjing bisa menimbulkan gejala seperti diare, darah dalam urin, muntah, dan pernapasan lebih cepat.

5. Bawang putih dan daun bawang

Jangan pernah berikan bawang putin dan daun bawang pada anjing. Kedua makanan ini dapat menghancurkan hemoglobin dalam sel darah merah dan pada anjing akan menyebabkan anemia.

6. Jagung rebus

Meskipun jagung tidak apa-apa untuk dikonsumsi anjing, memakan tongkolnya berbahaya dan dapat menyebabkan penyumbatan di ususnya.

7. Tulang unggas

Anjing memang sangat menyukai tulang, namun tulang bukanlah makanan yang aman buat anjing, terutama tulang unggas dan dimasak. Tulang kecil dapat dengan mudah pecah setelah dimasak dengan api besar. Ini dapat melukai mulut, tenggorokan atau perut anjing. Jika sesekali ingin memberikan tulang pada anjing, pastikan tulangnya lebih besar dan mentah.

Baca Juga: Catat! Ini 9 Makanan yang Harus Dihindari dari Anjing Peliharaanmu
Berhati Mulia, Wanita Berhijab Ini Beri Makan Anjing Liar Kelaparan

8. Alpukat

Persin yang ada dalam alpukat dapat menyebabkan diare dan muntah pada anjing. Biji alpukat juga bisa mengakibatkan anjing tersedak.

9. Xylitol atau pemanis buatan

Sekitar 10 hingga 30 menit setelah mengonsumsi pemanis buatan, insulin dalam jumlah berlebihan dilepaskan ke aliran darah anjing yang menyebabkan penurunan cepat kadar gula darah. Ini bisa membahayakan anjing.