Unik! Ilmuwan Ciptakan Kelinci Transgenik dari Gen Ubur-Ubur

Ilustrasi kelinci transgenik (Foto:ekac)

Penulis: Rashif Usman, Editor: M Kautsar - Jumat, 23 April 2021 | 17:00 WIB

SariAgri -  Kelinci merupakan hewan mamalia dengan bulu tebal nan cantik di sekujur tubuhnya. Hewan ini memiliki jenis yang sangat beragam, mulai dari yang lokal sampai yang berasal dari luar negri.

Namun, tahukah Sobat Agri bila ada jenis kelinci yang dapat menyala dalam gelap? Ya, kelinci hewan transgenik tersebut dinamakan kelinci Alba.

Ilmuwan asal Perancis menciptakan Alba menggunakan proses yang disebut injeksi mikro zigot. Dalam proses ini, para ilmuwan mengambil protein berpendar dari spesies ubur-ubur yang disebut Aequorea victoria, dikutip dari ABCnews.

Kemudian para peneliti memodifikasi gen tersebut untuk membuat sifat bercahaya dua kali lebih kuat. Gen ini disebut Green Fluorescent Protein (GFP), lalu dimasukkan ke dalam sel telur kelinci yang telah dibuahi, sehingga tumbuh menjadi Alba.

Aktivis hak-hak hewan mengklaim proyek itu adalah manipulasi hewan yang tidak perlu dan kejam. Sementara para ilmuwan menganggap proyek tersebut menarik tetapi konyol.

Seorang ahli biologi Universitas Harvard, Woodland Hastings mengatakan bahwa tidak ada yang berbahaya tentang proyek tersebut.

"Tapi proyek itu agak konyol. Ada lebih banyak hal penting yang dapat anda lakukan dengan gen ini," ucap Hastings.

Hastings menjelaskan bahwa gen ubur-ubur bercahaya dapat digunakan untuk menandai gen atau protein tertentu. Ketika protein itu aktif, para ilmuwan dapat mendeteksi fluoresensinya saat kondisi gelap.

Baca Juga: Unik! Ilmuwan Ciptakan Kelinci Transgenik dari Gen Ubur-Ubur
Hewan Peliharaan di Korsel Meningkat, Pemilik Habiskan Rp2,3 juta per Bulan



Kemampuan penelurusan semacam itu memungkinkan para ilmuwan untuk melihat keefektifan obat-obatan potensial yang mempengaruhi tubuh tanpa menggunakan pembedahan.

Hastings menambahkan bahwa di masa depan teknologi juga dapat membantu ahli bedah saat mereka memotong jaringan kanker selama operasi.

Video Terkait