6 Tips Memilih Indukan Lovebird Bagi Pemula

Peternakan - Ilustrasi Burung Lovebird (Pixabay)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Arif Sodhiq - Selasa, 13 April 2021 | 17:10 WIB

SariAgri -  Bagi pemula yang ingin memelihara lovebird, memahami indukan yang baik sangat dianjurkan. Mengingat tidak sedikit yang tertipu dengan penjual burung ketika membeli.

Lebih baik mengetahui terlebih dahulu bagaimana indukan yang baik sebelum membeli. Selain itu, sangat disarankan juga untuk membeli di lokasi penangkaran langsung, sehingga dapat memlih burung lebih banyak. Nah, Sobat Agri ingin tahu tips memilih indukan yang baik?

Ini 6 tips memilih indukan lovebird yang baik. Dikutip dari buku Kiat Juara Beternak Burung Cinta.

1. Tidak Ada Cacat

Dalam memilih indukan lovebird, amati pada semua bagian tubuhnya ada kecacatan atau tidak. Biasanya kecacatan ada pada kakinya. Ini penting diamati karena kecacatan pada induk akan menurun pada anakannya.

2. Badan Besar

Beberapa lovebird memiliki ciri tubuh kecil, namun untuk memilih indukan pilihlah yang mempunyai ukuran badan besar. Sebab, peluang untuk anaknnya mempunyai badan besar juga meningkat.

3. Tidak Berlemak Banyak

Banyak burung indukan yang besar karena kandungan lemak di dalamnya. Ini harus dihindari karena dengan banyaknya lemak, maka akan sulit bereproduksi.

Oleh karena itu, peternak harus mengurangi lemaknya terlebih dahulu saat penangaran. Waktu yang dibutuhkan untuk mengurangi lemak bisa satu hingga dua bulan.

4. Perilaku Indukan

Dalam memilih indukan, amati perilakunya. Indukan dengan perilaku gesit, lincah dan agresif lebih baik dari pada yang diam saja. Keaktifan ini menandakan burung dalam keadaan sehat dan tidak terserang penyakit. Pilih indukan dengan mata yang cerah dan tidak layu.

5. Memiliki Bulu Halus

Pilihlah indukan dengan bulu halus karena dengan bulunya nanti akan digunakan untuk mengerami telur. Selain itu, bulu yang halus juga mengindikasikan burung tersebut dalam keadaan yang sehat dan tidak stress.

6. Indukan dengan Harga Jual Mahal

Baca Juga: 6 Tips Memilih Indukan Lovebird Bagi Pemula
Berikut 6 Tips Menjaga Kesehatan Burung Lovebird



Tips yang satu ini disarankan untuk kamu yang mempunya budget lebih dalam mencari indukan burung lovebird. Indukan yang mempunyai bulu halus dan berwarna bagus memang dijual lebih mahal oleh peternak.

Hal ini wajar karena anakan yang dihasilkan juga akan mempunyai perpaduan warna yang bagus. Selain bulunya, burung yang sehat dan kicau yang bagus juga dijual dengan mahal.

Video Terkait