Sentra Ternak Dompet Dhuafa Berkapasitas 1.000 Kambing

Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru saat mengunjungi Sentra Ternak Dompet Dhuafa. (Foto: Istimewa)

Editor: M Kautsar - Senin, 12 April 2021 | 20:40 WIB

SariAgri - Keberadaan Dompet Dhuafa Waspada selama ini memberi arti tersendiri bagi masyarakat. Hal ini dapat terlihat dari eksistensinya, baik dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya.

Dompet Dhuafa resmikan Sentra Ternak Dompet Dhuafa (DD) Sumatera Selatan (Sumsel), di Desa Rejodadi, Kecamatan Sembawa, Kabupaten Banyuasin.

Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru yang hadir secara langsung dalam peresmian sentra ternak tersebut mengatakan, dengan diresmikannya sentra ternak DD Farm dengan kapasitas 1.000 ekor kambing ini.

Herman Deru berharap dapat menunjang ketersediaan produk pangan asal daging dan menjadikan momen one step forward. Satu langkah ke depan dalam memberikan manfaat untuk penerima program dari Dompet Dhuafa dan masyarakat di sekitar.

“Ini cara kita mengingatkan para muzaki dimana uang muzaki yang disalurkan tidak hanya terdiam di deposito atau di kas perbankan, namun dikembangbiakan membuat sentra ternak. Ini dibutuhkan, DD Farm Sumsel menjawab itu, saya mendorong cabangnya tidak hanya di Banyuasin, namun di tiga kabupaten lainnya,” kata Herman Deru.

Sementara Pimpinan cabang Dompet Dhuafa Sumsel Kusworo Nursidik mengatakan, DD Farm Sentra Ternak Dompet Dhuafa adalah kawasan peternakan modern yang terintegrasi dengan konsep zakat revolving fund zakat produktif dan wakaf produktif.

Di mana mustahik (penerima manfaat) akan terlibat secara aktif dan massif dalam pengelolaan program ini.

Lebih lanjut Ia menuturkan, hasil dari sentra ternak dan plasma-plasmanya akan diserap oleh pasar yang sudah disediakan oleh DD yaitu program THK juga pasar lainnya, seperti akikah, dan sebagainya.