Pakan Hijau Jadi Peluang Usaha Menguntungkan untuk Peternak

Rumput pakchong untuk makanan ternak (Sariagri/Eross A)

Penulis: Andry, Editor: Reza P - Rabu, 24 Februari 2021 | 12:40 WIB

SariAgri - Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo hingga saat ini terus mendorong masyarakat pedesaannya untuk mengembangkan peluang usaha hijauan pakan ternak ruminansia atau ternak pemamah biak seperti kambing, sapi atau kerbau.

Kepala Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo Muljady Mario menyebutkan pengembangan usaha hijau pakan ternak dimungkinkan untuk bisa untuk dikomersilkan. Terlebih, usaha hijau pakan ternak mampu menjadi alternatif usaha baru bagi masyarakat yang ada di pedesaan. Selain untuk ternaknya sendiri, pakan hijau ini bisa dijual lagi.

“Jika masyarakat mau membudidayakan hijauan pakan ternak ini, tentu akan lebih efisien usaha budidaya ternaknya. Dan sekaligus bisa menjadi tambahan penghasilan bagi keluarga, melalui penjualan hijauan pakan tersebut ke peternak lainnya,” ujar Muljady.

Dijelaskan Muljady, ada beberapa jenis hijauan pakan ternak yang memiliki gizi tinggi dan mudah untuk dibudidayakan antara lain zanzibar yang masih satu keluarga dengan rumput pakchong dan merupakan salah satu hijauan pakan ternak unggul. Ciri khas hijauan pakan ternak ini adalah memiliki nilai protein yang tinggi. Mudah ditanam dan panen dalam waktu singkat.

Baca Juga: Pakan Hijau Jadi Peluang Usaha Menguntungkan untuk Peternak
Kesuksesan Sentra Peternakan dan Hortikutura di Desa Reyan Lombok Barat

Lalu ada indigofera  yang biasa disebut sebagai tarum, nila, indigo atau tom yang  dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak yang kaya akan nitrogen, fosfor dan kalsium. Indigofera ini bisa ditanam di antara tanaman lain. 

Muljady menambahkan lahan yang masih relatif luas di sejumlah pedesaan wilayah Provinsi Gorontalo dapat dimanfaatkan menjadi modal utama untuk membangun usaha penyediaan hijauan pakan ternak. Apalagi animo masyarakat Provinsi Gorontalo untuk beternak sangat tinggi, namun kadang terkendala mendapatkan pakan hijau tambahan.

Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo nantinya akan membimbing para peternak atau petani untuk menanam pakan hijau.

Video Terkait