Mengenal Lalat Tentara Hitam Yang Punya Nilai Ekonomi

Lalat Tentara Hitam atau Black Soldier Fly (BSF) (Pixabay -Brett Hondow)

Editor: Andry - Senin, 22 Februari 2021 | 14:40 WIB

SariAgri - Berbicara tentang serangga, pastinya ada serangga yang merugikan dan ada serangga yang memberikan manfaat. Salah satu serangga bermanfaat untuk manusia adalah Lalat Tentara Hitam atau Black Soldier Fly (BSF).

Namanya memang  agak seram, namun lalat tentara hitam memang berbeda dengan jenis lalat lainnya. Selain bernilai ekonomis, lalat tersebut juga mampu membantu memecahkan masalah sampah. Jika ada kotoran , BSF hanya mengelilinginya kemudian hinggap di tempat yang kering, gelap dan sempit di sekitar kotoran. , sehingga tidak mengandung patogen

Prof Dr Damayanti Buchori, Guru Besar IPB University dari Departemen Proteksi Tanaman mengungkapkan  BSF diduga sudah muncul 40 juta tahun yang lalu. Bahkan jika ditelusuri lagi maka sebetulnya nenek moyangnya itu di awal sudah muncul sejak 160 juta tahun yang lalu, kemudian ada diversifikasi.

“Serangga dewasanya itu tidak mengganggu, larvanya berperan penting sebagai pengurai dengan memakan berbagai jenis bahan organik yang membusuk. Larvanya juga mampu mengubah sejumlah besar biomassa limbah menjadi protein (lebih dari 40 persen) dan lemak (lebih dari 30 persen). BSF ini bisa ditemukan di seluruh belahan bumi," terangnya.

Menurutnya, BSF bukan pemakan tanaman, sehingga dia bukan hama. BSF berperan sebagai dekomposer karena memiliki tipe mulut kuat yang memungkinkan mereka untuk menghancurkan dan melahap limbah. BSF juga memiliki kemampuan untuk mencerna senyawa organik sebelum senyawa tersebut sempat membusuk, sehingga langsung menghilangkan bau limbah. Kemampuan larva memakan sampah organik disebabkan adanya selulotik dalam ususnya yang menghasilkan enzim selulase yang berperan dalam hidrolisis selulosa.

Baca Juga: Mengenal Lalat Tentara Hitam Yang Punya Nilai Ekonomi
Maggot, Sumber Pakan Ternak Kaya Protein

Sementara itu, Prof (Ris) Agus Pakpahan selaku Ketua Asosiasi Black Soldier Fly Indonesia menyampaikan, " Pemanfaatan BSF merupakan kekayaan alam tropika yang selama ini belum dimanfaatkan sebagai sumberdaya biologis tropika yang sangat strategis," ujarnya.

BSF atau lalat tentara hitam, sebenarnya memang dapat menghasilkan nilai ekonomi yang tinggi. Telur lalat ini mempunyai harga jual yang tinggi, karena selain menghasilkan kompos dari maggotnya ,  larva atau maggot dapat diolah menjadi maggot beku, maggot kering, tepung ikan dan lainnya sebagai pakan alternatif berprotein tinggi untuk ternak.

 

 

 

 

Video Terkait