Sumber Protein, Bekicot Bisa Diolah Jadi Pakan Ternak

Hewan Bekicot (Commons Wikimedia)

Editor: Arif Sodhiq - Senin, 18 Januari 2021 | 20:30 WIB

SariAgri - Pakan yang mengandung protein sangat penting dalam usaha peternakan. Bekicot merupakan salah satu potensi sumber protein bagi ternak. Kandungan protein dalam bekicot sekitar 60% dengan asam amino yang cukup lengkap. Selain itu cangkang bekicot kaya akan kalsium.

Agar nilai mutu gizi protein bekicot tetap terjaga, perlu diolahan lebih dulu sehingga dapat dimanfaatkan dalam kurun waktu relatif lama sebelum diberikan ke ternak.

Sebelum diberikan ke ternak, bekicot bisa diolah menjadi tepung bekicot mentah, tepung bekicot matang/rebus, bekicot segar, silase bekicot atau tepung cangkang bekicot. Tepung bekicot ini dapat menggantikan tepung ikan yang biasa terdapat pada pakan unggas dan pakan ternak ruminansia.

Berikut beberapa cara pengolahan bekicot menjadi pakan untuk ternak seperti dilansir laman Balitbang Pertanian: 

Tepung bekicot mentah

Cara mengolah tepung bekicot mentah sangat sederhana dimulai dengan mencuci bekicot menggunakan air bersih. Setelah bersih, daging bekicot dikeluarkan dari cangkang. Selanjutnya bagian dari daging bekicot dikeringkan dengan cara dijemur di bawah terik matahari selama 4-5 hari atau menggunakan oven dengan suhu rata-rata 60C selama sekitar 12 jam. Setelah daging bekicot benar-benar kering digiling hingga halus.

Tepung bekicot matang/rebus'

Cara mengolah tepung bekicot rebus membutuhkan tenaga ekstra. Bekicot dicuci hingga bersih kemudian direndam selama 30 menit menggunakan air garam sambil diaduk. Konsentrasi garam dalam air untuk perendaman bekicot 10%. Setelah selesai perendaman bekicot dicuci dengan air bersih kemudian direbus.

Proses perebusan air dipanaskan terlebih dahulu hingga mendidih, baru dimasukkan bekicot selama 20-30 menit. Selanjutnya keluarkan daging bekicot dari cangkangnya dan dicuci lagi dengan air bersih. Daging bekicot kemudian dicacah dan dikeringkan dengan penjemuran selama 2 hari atau dioven. Setelah kering daging bekicot digiling hingga halus.

Bekicot segar'

Daging bekicot segar direndam dalam larutan garam dengan perbandingan 1 liter air dan 75 gr garam dapur selama 15 menit. Selanjutnya daging bekicot dicuci lalu dimasukkan ke dalam air mendidih selama 20 menit.

Baca Juga: Sumber Protein, Bekicot Bisa Diolah Jadi Pakan Ternak
Program Desa Seribu Sapi Meleset di 2020, Ini yang Akan Dilakukan di 2021

Silase Bekicot

Sebagai makanan ternak, bekicot dapat dibuat silase. Caranya daging bekicot basah yang sudah digiling/dicacah halus dicampur tepung singkong kering dengan perbandingan 2:1. Selanjutnya difermentasikan selama 14 hari dan dijemur. Silase ini mengandung protein 20%.

Tepung Cangkang Bekicot

Cangkang bekicot kering dan bersih dibuat tepung dengan cara dihancurkan/digiling, kemudian diayak dengan saringan 40 mesh. Tepung cangkang bekicot ini mengandung protein 28%, serat kasar 1%, kalsium 25%, fosfor 0,14%. Karena itu pemanfaatan cangkang sebagai pakan sangat bagus untuk pertumbuhan tulang ternak sehingga tepung cangkang bekicot dapat dicampurkan dengan tepung daging bekicot.