Mahasiswa Unair Jadi Pebisnis Maggot BSF

Hasil olahan pengolahan sampah tim Mamagot Unair, Jawa Timur. (Foto: Sariagri/Arief L).

Penulis: M Kautsar, Editor: Redaksi Sariagri - Rabu, 6 Januari 2021 | 12:00 WIB

SariAgri - Permasalahan sampah dari tahun ke tahun tidak ada habisnya, terutama untuk kota-kota besar khususnya Surabaya, Jawa Timur. Sampah yang menumpuk menyebabkan berbagai permasalahan lainnya, seperti gangguan kesehatan.

Berpijak pada akar permasalahan tersebut, beberapa mahasiwa Universitas Airlangga (Unair) Surabaya yang tergabung dalam tim Mamagot melakukan terobosan memanfaatkan lalat black soldie fly (BSF) atau lalat tentara hitam sebagai budi daya untuk membantu mengurai sampah organik. 

Ketua tim inovator Mamagot, M. Fajar Faliasthiunus P melakukan pengolahan sampah organik karena ingin mengurangi kuota sampah yang terus menumpuk di Kota Surabaya.

Selain itu, dia dan tim juga bertujuan membantu masyarakat perkotaan yang ingin berwirausaha namun terkendala lahan yang minim. Oleh karena itu, Mamagot bisa menjadi solusi bisnis yang menjanjikan.

Berita Peternakan - Baca Juga: Manfaat Limbah Batang Pisang untuk Pakan Sapi
Lebih Cepat Bertelur, Ayam KUB Banyak Diminati Peternak

“Maggot merupakan bisnis yang bergerak di bidang sociopreneur. Bisnis Mamagot tersebut juga selaras mendukung tindakan pemerintah menuju zero waste,” ujar Fajar kepada Sariagri.

Mamagot itu, kata dia, dapat dikembangkan menjadi produk seperti kitosan dan minyak maggot. inovasi in kemudian diaplikasikan dengan menggandeng masyarakat Dusun Sukomukti, Desa Sukorejo, Kecamatan Bangorejo, Kabupaten Banyuwangi.

“Mamagot memiliki value yang tidak hanya untuk kegiatan bisnis saja, melainkan untuk mengurangi penumpukan sampah yang biasa terjadi di lingkungan,” kata dia.

Terobosan bisnis yang telah didanai dari Agustus hingga Desember 2020 tersebut tidak hanya fokus pada budidaya BSF di rumah saja. Tetapi, juga aktif melakukan gerakan memilah sampah organik yang nantinya dikumpulkan sebagai bahan pokok perkembangbiakan.

Berita Peternakan : Salon Ikan Koi Jadi Bisnis Yang Menjanjikan

Video Terkait