Jago Menari, Brolga Dijuluki Hewan yang Paling Setia pada Pasangannya

Ilustrasi burung brolga. (Foter.com)

Penulis: Dera, Editor: Redaksi Sariagri - Selasa, 5 Januari 2021 | 12:30 WIB

SariAgri - Burung brolga dengan nama ilmiah Grus Rubicunda ini memiliki kebiasaan yang unik yakni kerap menari-nari bersama pasangannya di alam liar.

Tubuhnya yang besar dan kakinya yang panjang serta sayap yang lebar hingga mencapai dua meter, membuat burung brolga masuk kedalam spesies keluarga bangau.

Tak hanya itu saja, brolga juga dikenal sebagai burung yang memiliki umur yang sangat panjang. Namun sayangnya burung ini terancam punah di beberapa wilayah Australia.

Berita Peternakan : Salon Khusus Ikan Cupang

salon ikan cuppang

Melansir dari situs Animalia inilah beberapa fakta unik dari burung brolga:

1. Habitat

Populasi dari burung brolga tersebar di bagian tropis Australia. Menurut situs Animalia, burung yang dijuluki bangau Australia ini sangat senang berada di vegetasi lahan basah, baik di sebidang tanah yang ditinggikan atau mengambang di air dangkal di rawa.

Burung brolga sendiri masuk ke dalam jenis hewan omnivora yang memakan berbagai jenis tanaman air serta hewan invertebrata kecil lainnya seperti katak, serangga, cacing dan moluska.

Berita Pertanian - Baca Juga: Minyak Argan, Emas Cair dari Maroko yang Berkhasiat untuk Kecantikan
Berkat Konservasi, Burung Nuri Kabare Papua Selamat dari Kepunahan

2. Kehidupan di alam liar

Burung brolga hidup berkelompok. Dalam satu kelompok biasanya terdiri dari 3 hingga 4 ekor burung brolga, di mana di antara mereka merupakan pasangan. Uniknya lagi, mereka akan berkumpul dengan kawanan-kawanan lainnya setelah musim kawin usai di satu daerah.

Burung brolga juga termasuk burung yang sangat agresif di mana mereka akan bertarung dengan sesamanya.Jika sedang mencari makan, cara mereka melindungi sarangnya dengan terbang ke udara untuk mengintai hewan penyusup.

3. Ciri dan fisik

Dilansir dari laman Birdlife, brolga adalah burung tinggi dengan paruh besar, panjang, leher ramping dan kaki panjang dengan berat mencapai 8 kilogram.

Namun pada bagian kepala terdapat corak berwarna merah dan dagu berwarna hitam. Burung brolga betina memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil ketimbang jantan. Mereka memiliki kebiasaan yang unik saat berkumpul yakni melakukan tarian dengan gerakan yang menarik.

Ilustrasi burung brolga. (Foter.com)
Ilustrasi burung brolga. (Foter.com)

4. Sistem reproduksi

Burung brolga termasuk hewan yang terbilang setia, mereka akan hidup dengan satu pasangan. Dalam satu kali persalinan, burung brolga hanya dapat mengeluarkan dua telur dan diinkubasi selama 28 hari. Umumnya induk brolga akan melindungi anak-anaknya selama 11 bulan hingga 2 tahun.

5. Memiliki umur panjang

Baca Juga: Jago Menari, Brolga Dijuluki Hewan yang Paling Setia pada Pasangannya
Peneliti Eksperimen Pakan Ternak dengan Sistem Hidroponik dan Aquaponik

Di alam liar, burung brolga mampu bertahan hidup hingga 33 tahun. Populasi di Australia utara diperkirakan antara 20.000 dan 100.000 burung dan di Australia Selatan, 1.000 burung. Hingga tahun 1961, brolga dianggap sebagai satu-satunya spesies bangau di Australia, hingga derek sarus juga ditemukan di Queensland.

Ancaman terbesar dari hewan ini adalah hilangnya habitat asli mereka dikarenakan adanya pengeringan lahan basah serta pemagaran yang berlebihan yang dilakukan oleh manusia. Selain itu, burung ini juga sering mati akibat menabrak dan tersangkut di tiang listrik saat terbang.

Video Terkait