Sekilas Terlihat Sama, Ini 7 Perbedaan Susu Kerbau dan Susu Sapi

Ilustrasi Susu. (Pixabay/ Couleur)

Editor: Arif Sodhiq - Kamis, 31 Desember 2020 | 11:15 WIB

SariAgri - Susu sering disebut sebagai minuman menyehatkan karena memiliki kandungan gizi tinggi. Menurut buku Healing Foods, susu kaya akan kalsium, protein, karbohidrat, vitamin, mineral dan lemak.

Kandungan kalsium dan vitamin D dalam susu dapat membantu tubuh membakar kalori sehingga dapat menjaga berat tetap stabil. Sementara lemak sehat dalam susu membantu menurunkan tekanan darah.

Dilansir NDTV Food, susu sapi dan susu kerbau merupakan jenis yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Jika dilihat sekilas seolah tidak ada perbedaan antara susu sapi dan susu kerbau. Namun sebenarnya terdapat perbedaan di antara keduanya. Apa saja perbedaanya?

1. Susu sapi memiliki kandungan lemak yang lebih rendah dibanding susu kerbau. Karena itu susu sapi lebih ringan dan mudah dicerna.

2. Susu kerbau lebih lembut dan lebih kental dari susu sapi. Karena itu susu kerbau digunakan untuk membuat makanan berat, sementara susu sapi untuk makanan penutup.

3. Susu kerbau dapat diawetkan secara alami untuk waktu lebih lama karena aktivitas peroksidase (enzim) yang tinggi. Sedangkan susu sapi idealnya dikonsumsi dalam 1-2 hari.

4. Susu kerbau memiliki kandungan protein lebih banyak dibanding susu sapi sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna.

Baca Juga: Sekilas Terlihat Sama, Ini 7 Perbedaan Susu Kerbau dan Susu Sapi
Sederet Manfaat Susu Kambing Bagi Kesehatan

5. Susu kerbau memiliki kalori lebih banyak dibanding susu sapi karena kandungan protein dan lemaknya lebih tinggi.

6. Susu sapi cenderung memiliki kandungan air lebih tinggi dibanding susu kerbau. Ini karena susu sapi mengandung lebih sedikit padatan dengan sekitar 90 persen susu terdiri dari air.

7. Susu kerbau mengandung lebih banyak kalsium dan mineral lain seperti fosfor, magnesium dan kalium dibanding susu sapi yang lebih kaya vitamin. (Istihanah Soejoethi)