7 Hewan Unik Ini Pasti Bikin Kagum, Ada yang 'Mirip' Manusia

Ilustrasi Blobfish (Wikipedia)

Penulis: Reza P, Editor: M Kautsar - Jumat, 18 Desember 2020 | 20:30 WIB

SariAgri - Dunia di mana kita hidup tidak pernah kehabisan kisah atau hal unik yang mengundang decak kagum. Hal ini termasuk perihal keberadaan sejumlah satwa yang hidup di berbagai belahan dunia yang jarang orang tahu.

Bukan hanya perilaku, hewan-hewan ini bahkan memiliki bentuk yang ganjil, unik atau mungkin sedikit aneh dan belum pernah kamu lihat. Biar nggak penasaran, yuk kita intip satwa-satwa terunik di dunia ini.

Spon Kecapi

Laut memang menyimpan sejuta misteri. Dan salah satu hewan paling unik di muka bumi hidup di dasar laut, yakni spon kecapi.

Hewan ini hidup tersembunyi di kedalaman 3,5 km dasar laut. Bentuknya amat unik, menyerupai harga atau kecapi. Sekitar tahun 2012, tim peneliti dari Monterey Bay Aquarium Research Institute (MBARI) di Moss Landing, California, menemukan spesies baru spons ini di lepas pantai California dan dinamai Chondrocladia lyra.

Spon kecapi adalah hewan karnivora. Di laut, spesies unik ini berburu crustacea dengan semacam pengait pada kakinya, dan memakan mangsanya secara perlahan.

Babi Laut

Ilustrasi Handfish (Wikipedia)
Ilustrasi Handfish (Wikipedia)

Meski dinamai demikian, hewan ini tidak ada kaitannya sama sekali dengan babi. Binatang ini termasuk keluarga Echinodermata. Ia masih bersaudara dengan timun laut atau teripang dan bulu babi.

Babi laut (scotoplanes globosa) jarang dilihat orang karena hidup di dasar laut yang dalam, minimal 1.000 meter. 

Binatang ini baru ditemukan pada tahun 1882 oleh Hjalmar Théel, seorang ahli zoologi dari Swedia.

Panjang tubuhnya antara 5 -10 cm.  Kakinya berjumlah 5-7 pasang. Disebut babi laut, karena hewan ini bertubuh bulat lonjong dan berlemak. Untuk makan, babi laut menggunakan mulut yang dikelilingi oleh cincin tentakel. Hewan unik ini hidup di dasar semua samudra, termasuk Antartika. 

Indri atau Babakato

Ilustrasi Indri (Wikipedia)
Ilustrasi Indri (Wikipedia)

Indri, juga disebut babakoto, adalah salah satu lemur terbesar yang masih hidup di dunia. Dengan panjang kepala dan badan sekitar 64 sampai 72 cm dan berat antara 6 hingga 9,5 kg. Mereka memiliki bulu hitam dan putih dan mempertahankan postur tegak saat memanjat atau menempel.

Indri adalah hewan monogami dan hidup dalam kelompok keluarga kecil, bergerak melalui kanopi hutan, dan murni herbivora, memakan terutama daun dan juga biji, buah, serta bunga. Mereka hanya mencari pasangan baru jika pasangannya telah mati.

Berasal dari Madagaskar, indri berkomunikasi dengan kelompok lain dengan cara bernyanyi atau mengaum.

Lemur ini mendiami dataran rendah dan hutan pegunungan di sepanjang pantai timur Madagaskar, International Union for Conservation of Nature memberi status konservasi pada indri sebagai “sangat terancam punah.

Kelelawar Putih Honduras

Kelelawar Putih Honduras, spesies hewan yang memiliki penampilan bak boneka. Rata-rata panjang tubuh kelelawar putih Honduras adalah 3,7 hingga 4,7 cm yang menjadikannya sebagai kelelawar mungil.

Selain itu, keunikan kelelawar ini terdapat pada hidung yang menonjol dan berbentuk segitiga, sehingga para ilmuwan menyebutnya sebagai “kelelawar berhidung daun”.

Melansir Rainforest Alliance, kelelawar putih Honduras hanya ditemukan di hutan hujan dataran rendah di Honduras Timur, Nikaragua Utara, Kosta Rika Timur, dan Panama Barat.

Sedangkan untuk makanan, kelelawar putih honduras hanya mengonsumsi buah-buahan serta tumbuh-tumbuhan, terutama buah ara. Status konservasi hewan mungil ini terdaftar sebagai “hampir punah".

Blobfish

Ilustrasi Blobfish (Wikipedia)
Ilustrasi Blobfish (Wikipedia)

Blobfish mungkin adalah jenis ikan yang penampilannya terunik diantara hewan yang hidup di laut. Ikan ini punya wajah yang persis manusia yang sedang sedih, lengkap dengan mata, hidung, dan bibir yang agak manyun. Karena penampilannya itu, pada tahun 2013 blobfish 'dianugerahi' gelar hewan terjelek di dunia. Pemberian gelar itu untuk mengkampanyekan pelestarian blobfish.

Katak Pinokio

Makhluk yang satu ini juga dikenal dengan sebutan "katak pohon berhidung duri". Ketika katak jantan mencoba menarik lawan jenisnya atau sedang dalam bahaya, hidung yang panjang seperti Pinokio miliknya akan tegak ke atas. Hidung yang memanjang itu akan kembali memendek jika ia dalam keadaan aman atau tenang.

Spesies Katak dari keluarga Hylidae ini ditemukan di Pegunungan Foja, Provinsi Papua di Indonesia oleh Konservasi Internasional dan Masyarakat Geografis Nasional selama Ekspedisi 2008. Makanan utama katak pinokio terdiri dari serangga. 

Handfish

Ilustrasi Handfish (Wikipedia)
Ilustrasi Handfish (Wikipedia)

Ikan unik ini hidup di perairan Tasmania. Diberi nama karena siripnya yang berbentuk menyerupai tangan, Handfish merah merupakan penghuni zona bentik yang merayap di dasar lautan dengan tangannya. 

Ikan ini bisa tumbuh hingga sepanjang dua hingga lima inci, dan memangsa krustasea kecil serta cacing. Handfish merah sebenarnya memiliki dua variasi warna: merah cerah dan corak kemerahan. 

Handfish merah sebenarnya memiliki dua variasi warna: merah cerah dan corak kemerahan. Spesies ini termasuk salah satu ikan paling langka di dunia, dan termasuk satwa dengan status konservasi "kritis" ujar peneliti dari University of Tasmania, Rick Stuart Smith. Ikan yang sulit dipahami itu pertama kali terlihat di dekat Port Arthur di Semenajung Tasman pada 1800-an.

Baca Juga: 7 Hewan Unik Ini Pasti Bikin Kagum, Ada yang 'Mirip' Manusia
Lihat! Gurun Pasir UEA Berhasil Disulap Jadi Lahan Pertanian Subur

Caedicia bermata pink

Belalang dengan mata pink tajam berbentuk seperti kacang ini hidup di sekitar Pegunungan Muller Range, di Dataran Tinggi Pasifik.

Kelelawar buah hidung tabung Nendo

Kelelawar yang imut dengan mata yang gak biasa dan hidung seperti tabung ini pertama kali ditemukan pada tahun 2009 di kedalaman hutan Papua Nugini. Makhluk ini sempat menjadi sensasi di internet sebagai "kelelawar Yoda" karena kemiripannya dengan Master Jedi dari film Star Wars. (Sariagri/Antoni Hutasoit)

Video Terkait