Ngeri, Ini Fakta Menyeramkan Kelelawar Vampir Penghisap Darah

Ilustrasi Kelelawar Vampir (Unsplash)

Editor: Dera - Jumat, 30 Oktober 2020 | 14:30 WIB

SariAgri - Kelelawar vampir dikenal sebagai hewan penghisap darah. Pasalnya, spesies yang berasal dari benua Amerika seperti Meksiko, Brasil, Chili dan Argentina itu memang menjadikan darah sebagai sumber makanannya. 

Ada tiga spesies kelelawar yang mengonsumsi darah yaitu kelelawar vampir biasa (Desmodus rotundus), kelelawar vampir kaki berbulu (Diphylla ecaudata), dan kelelawar vampir sayap putih (Diaemus youngi).

Hewan mamalia yang dapat terbang tersebut memang bersifat karnivora. Tak heran wajah dan perilakunya terlihat seram, terlebih ketika ia mulai menyerang mangsanya seperti kambing, sapi dan hewan ternak lainnya. Biasanya, kelelawar akan tidur di siang hari dalam kegelapan total dan menerkam mangsanya pada malam hari.

Hewan ini diketahui tak hanya menyerang ternak tapi juga manusia,  dengan meninggalkan tanda berupa dua bekas gigitan di kulit korbannya. Gigi kelelawar yang tajam seakan mirip dengan ilustrasi yang digambarkan dalam tokoh 'drakula'. 

Namun, cara mereka mengonsumsi darah tidak menghisap seperti yang dibayangkan, mereka akan menyayat bagian tubuh mangsanya lalu menjilat darah yang mengalir keluar. 

Walaupun gigitan kelelawar vampir biasanya tidak berbahaya bagi manusia, namun gigitannya dapat menyebabkan infeksi parah, sehingga wajib untuk memeriksakannya ke dokter apabila kamu digigit kelelawar saat berada di alam liar.

Baca Juga: Ngeri, Ini Fakta Menyeramkan Kelelawar Vampir Penghisap Darah
Mengenal Hama dan Penyakit Pohon Mangga

Kelelawar vampir biasanya berkoloni saat mencari mangsa, mereka akan saling berbagi dengan cara memuntahkan darah yang sudah dihisap agar bisa diminum oleh kawanannya yang belum mendapatkan makanan. 

Meski terbilang berbahaya, namun hewan penghisap darah ini berukuran kecil di mana beratnya hanya sekitar 60 gram. Namun jangan salah Sobat Agri, meskipun tubuhnya mungil tapi kelelawar vampir memilki kaki yang kuat untuk berlari dan melompat. 

Video Terkait