Ada Sarang Tawon Di Rumah, Ini Langkah Mengamankannya

Sarang tawon sering muncul di pohon atau bagian rumah, jika dibiarkan akan terus membesar (Pixabay - pixman1115)

Editor: Andry - Rabu, 21 Oktober 2020 | 14:00 WIB

SariAgri -  Dalam sebulan terakhir ini banyak laporan yang masuk Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bogor, soal adanya serangan lebah atau tawon ke pemukiman warga. Yang terakhir, warga Cibinong, Kabupaten Bogor panik melihat ada sarang tawon besar berada di depan rumahnya. Untunglah bisa dilakukan evakuasi oleh Tim Penyelamatan Dinas Damkar.

Bila menemukan sarang tawon di rumah, entah di bagian rumah atau pohon di taman, jangan kawatir atau panik. Ridwan , anggota Tim Penyelamatan pada Dinas Damkar Kabupaten Bogor menjelaskan  beberapa langkah yang bisa diambil warga bila menemukan sarang tawon di dekat rumah.

Pertama, tetap waspada dan pastikan penghuni rumah, anak-anak, dan hewan peliharaan jauh dari lokasi. Lalu, pastikan semua jendela dan pintu serta lubang angin tertutup agar tak ada tawon yang masuk ke dalam rumah.

Terkait penanganannya, bila yang dihadapi lebah tak berbahaya dan sarangnya masih kecil, boleh dilakukan pemusnahan sendiri. Siapkan cairan pestisida, pakaian tertutup dan lebih aman lakukan pada malam hari dan minim penerangan cahaya. Pada siang hari lebah atau tawon lebih aktif dibanding malam.

Jika hanya satu atau dua ekor tawan yang menyengat tak terlalu berbahaya, korban paling hanya akan mengalami gejala bengkak. Bila terkena sengatan lebah atau tawon, bisa dikompres menggunakan es atau obat-obatan anthistamin atau corticosteroid.

Tetapi, bila diserang dalam jumlah banyak, mungkin akan timbul gejala hiperalergi yang dapat menimbulkan risiko cukup parah dan merusak organ tubuh. Untuk itu harus langsung segera di bawa ke rumah sakit.

Adapun tawon yang termasuk berbahaya yakni jenis Tawon Vespa Affinis. Ciri-cirinya, ukuran tubuh tawon vespa affinis mempunyai ukuran tubuh sepanjang sekitar 3 cm. Ditubuhnya terdapat warna kuning atau oranye melingkar.

Tawon Vespa Affinis salah satu tawon yang berbahaya (commons.wikimedia)
Tawon Vespa Affinis salah satu tawon yang berbahaya (commons.wikimedia)
Baca Juga: Ada Sarang Tawon Di Rumah, Ini Langkah Mengamankannya
Inovasi KOMBO, Teknologi Pengolahan Sampah Organik Melalui Larva Lalat

“Untuk penanganan sendiri terhadap jenis tawon yang berbahaya tak dianjurkan, terkecuali ukuran sarangnya tergolong masih kecil, mungkin masih mudah untuk ditangani secara mandiri. Tapi kalau sudah besar tidak dianjurkan," Pesan  Ridwan.

 

Tim Penyelamatan pada Dinas Damkar Kabupaten Bogor  (Sariagri/ Yudi Asmaraloka)
Tim Penyelamatan pada Dinas Damkar Kabupaten Bogor (Sariagri/ Yudi Asmaraloka)

Saran untuk Sobat Sariagri, bila menemukan sarang tawon ukuran besar segera melapor ke anggota Damkar dan Penyelamatan di daerah masing-masing. (SariAgri/Yudi Asmaraloka)