Tahan Terhadap Kekeringan, Sorgum Solusi Pakan Ternak - Berita Peternakan

Sejumlah prajurit TNI terlibat dalam kegiatan panen perdana tanaman sorgum milik petani di Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur (ANTARA/Novi H)

Penulis: Arya Pandora, Editor: Redaksi Sariagri - Senin, 28 September 2020 | 18:30 WIB

SariAgri -  Di musim kemarau, pakan ternak menjadi permasalahan di banyak peternakan, termasuk di Jawa Timur. Pemerintah Kabupaten Situbondo menemukan tanaman sorgum bisa menjadi solusi dalam permasalahan pakan ternak yang berkurang di musim kemarau.

Bupati Situbondo Dadang Wigiarto mengemukakan bahwa tanaman sorgum tahan atas kekeringan, sehingga menjadi solusi, khususnya bagi peternak sapi, yang biasanya kesulitan memperoleh pakan ternak saat memasuki musim kemarau.

"Sorgum bisa memberikan solusi, karena selain bisa memproduksi pakan ternak yang cenderung ekonomis, sorgum juga bisa hidup di lahan-lahan marginal atau lahan tandus," ujar Bupati di sela panen perdana sorgum milik petani di Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, Situbondo, Jawa Timur, Jumat.

Ia mengemukakan, manfaat tanaman sorgum selain untuk pakan ternak sapi, bulirnya juga merupakan bahan pangan yang bisa menjadi pengganti beras.

Air yang terkandung dalam sorgum, katanya, bisa diproduksi menjadi nira, bahkan rendemennya lebih bagus apabila dibandingkan dengan gula.

"Untuk panen sorgum kali ini memang sengaja dibuat seperti ini, agar masyarakat petani lainnya tergugah untuk menanam sorgum yang punya prospek bagus," ucapnya.

Kepala Dinas peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Kabupaten Situbondo Hasanuddin Riwansia menyebutkan kebutuhan pakan ternak di daerahnya cukup tinggi, sementara ketersediaan pakan terbatas, terlebih di musim kemarau.

Berita Peternakan - Baca Juga: Rumput Laut untuk Pakan Ternak Masa Depan
Dedak Padi Bisa Hasilkan Minyak Goreng Berkualitas Tinggi

Baca Juga: Tahan Terhadap Kekeringan, Sorgum Solusi Pakan Ternak - Berita Peternakan
Rumput Laut untuk Pakan Ternak Masa Depan - Berita Peternakan

Menurut dia, pakan ternak sapi di Situbondo dalam sehari butuh 5.400 ton, namun ketersediaan pakan ternak yang ada sangat terbatas. Dengan tanaman sorgum ini, lanjut dia, pakan ternak bisa diproduksi lebih hemat dengan kualitas tinggi serta harganya lebih murah dibandingkan harga pakan saat ini.

"Harga jerami Rp1.500 per kilogram, kualitasnya nggak jelas, sedangkan sorgum cukup murah, yakni Rp800 per kilogram dengan kualitas standar untuk kebutuhan produktivitas ternak," ujarnya. (Ant)

Video Terkait